4 Pemain Kunci Kebangkitan Arsenal

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 03 Januari 2021
4 Pemain Kunci Kebangkitan Arsenal
Arsenal (Twitter)

BolaSkor.com - Arsenal mulai menunjukkan tren positif pada Premier League 2020-2021 setelah sempat terpuruk dan mendekati zona degradasi. The Gunners baru saja membukukan tiga kemenangan secara beruntun.

Arsenal sempat hanya berjarak empat poin dari zona degradasi setelah tujuh laga dilewati tanpa kemenangan. Tim asal London Utara itu bahkan harus kalah empat kali beruntun di kandang sendiri.

Pada momen tersebut, Arsenal memang tampil sangat buruk. Hal itu membuat posisi Mikel Arteta di kursi manajer terancam.

Baca Juga:

Demi Arsenal, Arsene Wenger Siap Comeback

Penerima Gaji Tertinggi yang Dapat Dijual Arsenal pada Januari

Kalahkan Brighton, Arsenal Diklaim Sudah 'Sembuh'

Kebangkitan Arsenal dimulai saat menjamu Chelsea pada Boxing Day. Laga yang bisa membuat Arteta dipecat itu mampu mereka menangi dengan skor 3-1.

Hebatnya, Arsenal menurunkan banyak pemain muda dalam pertandingan tersebut. Arteta memarkir sejumlah bintang yang tampil di bawah standar pada laga-laga sebelumnya.

Kemenangan atas Chelsea menimbulkan antusiasme baru di skuat Arsenal. Alhasil hasil serupa kembali diraih saat bertandang ke markas Brighton & Hove Albion, tiga hari berselang.

Penampilan Arsenal kian meyakinkan saat bertandang ke markas West Bromwich Albion, Minggu (3/1) dini hari WIB. Tak tanggung-tanggung, mereka mampu menutup laga dengan skor telak 4-0.

Hasil positif dalam tiga pertandingan terakhir memang belum mampu membuat Arsenal melesat ke papan atas. Namun hal itu nampaknya hanya tinggal masalah waktu saja.

Kebangkitan Arsenal tak lepas dari kejelian Arteta dalam menurunkan komposisi pemain yang berbeda. Setidaknya ada empat nama yang tampil menonjol.

Berikut empat pemain yang berperan menjadi aktor kebangkitan Arsenal:

1. Bukayo Saka

Bukayo Saka

Saka menjadi salah satu pemain andalan Arsenal pada musim ini. Pemain berusia 19 tahun itu sudah tampil 14 kali di Premier League 2020-2021.

Namun Saka awalnya dimainkan sebagai gelandang tengah dan sayap kiri. Penampilannya pun tak terlalu menonjol.

Arteta kemudian memainkan Saka di posisi sayap kanan pada laga kontra Chelsea. Ia menggantikan peran Willian yang penampilannya menuai banyak kritikan.

Keputusan itu berbuah manis. Saka membuat sisi kanan penyerangan Arsenal lebih hidup.

Saka juga mencetak satu gol yang cukup indah. Ia terus dimainkan sebagai sayap kanan pada dua laga selanjutnya.

Kepercayaan itu dijawabnya dengan sumbangan satu assist dan satu gol. Saka kini telah merebut sepenuhnya posisi sayap kanan Arsenal.


2. Kieran Tierney

Kieran Tierney

Kieran Tierney merupakan bek kiri andalan Arsenal sejak awal musim ini. Ia tercatat baru absen satu kali dari 17 laga yang sudah dimainkan.

Namun penampilan Tierney meningkat pesat sejak bulan lalu. Potensinya dalam membantu serangan sangat mulai terlihat menonjol.

Pada Periode Desember sampai sekarang, Tierney mampu mengkreasikan 15 peluang untuk mencetak gol. Jumlah tersebut tak mampu disaingi bek-bek lainnya di Premier League dalam jangka waktu yang sama.

Penampilan Tierney kian meyakinkan pada tiga laga terakhir Arsenal. Ia total menorehkan satu gol dan dua assist untuk membawa timnya meraih hasil maksimal.


3. Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette

Kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang membuat Alexandre Lacazette kehilangan perannya sebagai ujung tombak andalan Arsenal. Hal itu membuat penampilan penyerang berkebangsaan Prancis tersebut seperti tak terlihat.

Lacazette bahkan sempat puasa mencetak gol dalam sepuluh laga beruntun di ajang Premier League musim ini. Padahal ia sempat rutin membobol gawang lawan pada tiga pertandingan awal.

Lacazette berhasil menemukan ketajamannya kembali pada tiga laga terakhir Arsenal. Dalam periode tersebut, ia mampu mencetak empat gol.

Lacazette untuk sementara menjadi top skorer Arsenal dengan koleksi tujuh gol. Hal itu membuat Arteta kembali memasangnya sebagai ujung tombak dan menggeser Aubameyang ke posisi sayap.


4. Emile Smith Rowe

Emile Smith Rowe

Kebangkitan Arsenal dalam tiga laga terakhir tak bisa dipisahkan dari sosok Emile Smith Rowe. Pemain berusia 20 tahun itu memberi warna baru dalam skema penyerangan The Gunners.

Laga kontra Chelsea merupakan penampilan perdana Smith Rowe di Premier League musim ini. Namun ia langsung membukukan satu assist.

Hal itu membuat Arteta kembali memainkan Smith Rowe pada dua laga selanjutnya kontra Brighton dan West Brom. sang pemain pun tetap tampil konsisten dan menyumbang satu tambahan assist.

Arsenal Premier League Bukayo Saka Kieran Tierney Alexandre Lacazette Trivia Sepak Bola Emile Smith Rowe Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan