3 Syarat Timnas Indonesia U-24 Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2022

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 22 September 2023
3 Syarat Timnas Indonesia U-24 Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games 2022
Starting XI Timnas Indonesia U-24 melawan Kirgiztan. (NOC Indonesia/Naif Al’As)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-24 tengah di ujung tanduk. Perumpamaan ini sangat tepat, mengingat Garuda Muda kalah dari Taiwan U-24 0-1 pada pertandingan kedua.

Kekalahan ini membuat pasukan Indra Sjafri menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup F cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2022.

Indonesia mengoleksi 3 poin, selisih tiga angka dari Korea Utara U-24 di puncak klasemen. Sebelumnya, Robi Darwis dkk. mengalahkan Kirgiztan U-24 2-0.

Baca Juga:

Giliran Kirgistan Ditekuk Korea Utara Sebelum Hadapi Timnas Indonesia U-24

Kemenangan Pertama dalam 65 Tahun, Pelatih Taiwan Bangga Kalahkan Timnas Indonesia U-24

Di bawah Indonesia ada Taiwan dengan poin sama. Namun, kalah selisih gol dari Indonesia. Kirgiztan menyusul di posisi keempat dengan 0 poin.

Pertandingan terakhir, Timnas Indonesia U-24 bakal menghadapi Korut pada Minggu (24/9) sore WIB. Begitu juga pertandingan Taiwan melawan Kirgiztan yang digelar serentak.

Lalu bagaimana peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar? Ada tiga syarat agar Timnas Indonesia U-24 lolos ke babak 16 besar. Berikut ulasannya yang disusun BolaSkor.com:

Ramai Rumakiek
Aksi Ramai Rumakiek dalam laga Timnas Indonesia U-24 melawan Taiwan. (NOC Indonesia/Naif Al’As)

Menang atas Korut

Inddonesia bisa lolos ke babak 16 besar jika menang atas Korea Utara. Dengan begitu, Indonesia mengoleksi 6 poin, sama dengan Korea Utara.

Namun, penentuan juara atau runner-up Grup F dengan Korut (6 poin) ditentukan melalui selisih gol. Indonesia (+1) dan Korut (+3) saat ini, artinya Garuda Muda harus menang margin 3 gol atau lebih.

Sambil berharap Taiwan tidak menang atas Kirgiztan dengan margin lebih dari 4 gol. Jika Taiwan imbang atau kalah lawan Kirgiztan, otomatis posisi satu dan dua klasemen akhir Grup F hanya diperebutkan Indonesia dengan Korut.

Imbang Lawan Korut

Indonesia bisa saja imbang lawan Korut untuk memastikan lolos ke babak 16 besar. Korut dipastikan menjadi juara Grup F dengan 7 poin.

Indonesia berharap Taiwan tidak menang lawan Kirgiztan. Jika Taiwan imbang, otomatis Indonesia lolos ke 16 besar dengan status runner-up Grup F. Indonesia (+1) unggul selisih gol dengan Taiwan (-1).

Jika Taiwan kalah, otomatis Indonesia lolos sebagai runner-up Grup F tanpa melihat selisih gol.

Kalah dari Korut

Indonesia terasa berat lolos ke babak 16 besar jika kalah dari Korut. Garuda Muda (+1) berharap Kirgiztan (-3) dan Taiwan (-1) saling mengalahkan tidak lebih margin 3 gol ke atas.

Korut (9 poin) menjadi juara Grup F. Indonesia mengoleksi 3 poin sama dengan Kirgiztan dan Taiwan. Namun, Indonesia unggul selisih gol dari Kirgiztan dan Taiwan, sehingga mengunci posisi runner-up Grup F.

Timnas indonesia u-23 Asian games Asian Games 2022 Hangzhou Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.710

Bagikan