3 Alasan Mengapa Manchester United Tepat Rekrut Wout Weghorst

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 13 Januari 2023
3 Alasan Mengapa Manchester United Tepat Rekrut Wout Weghorst
Wout Weghorst (Twitter)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim dingin (Januari 2023) dimanfaatkan baik oleh Manchester United. Guna menutupi kekurangan pemain di posisi tertentu, Red Devils sudah merekrut dua pemain pada posisi kiper dan penyerang.

Pada posisi kiper Man United meminjam Jack Butland dari Crystal Palace. Ia akan melapis David De Gea dan bersaing dengan Tom Heaton, sekaligus menggantikan Martin Dubravka yang kembali ke Newcastle United.

Berlanjut ke rekrutan kedua berposisi sebagai penyerang yakni Wout Weghorst. Striker asal Belanda berusia 30 tahun dipinjam dari Burnley dan Man United membayar tiga juta euro ke Besiktas, klub Weghorst sebagai pemain pinjaman dari Burnley.

Baca Juga:

Seperti Olivier Giroud, Wout Weghorst Bisa Beri Variasi Bermain di Manchester United

Manchester United Capai Kata Sepakat, Wout Weghorst Bertolak ke Inggris

Terlalu Lama Puasa Gelar, Sudah Saatnya Manchester United Menghapus Dahaga

Hadirnya Weghorst dinilai sebagai alternatif kesekian untuk Man United setelah gagal merekrut Cody Gakpo dan Joao Felix. Kendati demikian merekrutnya sudah cukup tepat. BolaSkor, merangkum dari berbagai sumber, menilik alasan tersebut.

1. Dimensi Permainan Berbeda

"Anda bisa memainkan bola padanya, di dadanya, di kepalanya dan dia akan menjaga bola atau bisa membuat assist untuk pemain lain. Secara taktik dan teknis, saya pikir dia bisa menjadi pemain yang sangat menarik untuk United."

"Sebagai pemain, yang saya sukai dari dia adalah dia sedikit mengingatkan saya pada Olivier Giroud. Dia bermain dengan membelakangi gawang, dengan staminanya, dia kuat secara fisik dan dia tahu bagaimana menjaga bola."

"Dia tahu bagaimana bermain di posisi tetap itu, pemain seperti Rashford dan semua tim akan menikmati bermain dengan pemain seperti itu. Seperti Giroud, terkadang Anda hanya mengoper bola dan Anda bisa berlari di belakang mereka."

Itu merupakan kutipan kata dari legenda Man United, Patrice Evra, yang melihat Weghorst bak Olivier Giroud, penyerang AC Milan. Pengamatan Evra tidak salah.

Weghorst striker jangkung dengan kekuatan fisik untuk merebutkan bola udara, berduel dengan bek lawan, menahan bola menanti rekan membuka ruang dan menyelesaikan peluang. Gaya mainnya itu tak berbeda dari Giroud.

Menilik barisan penyerang Man United saat ini dari Anthony Martial, Marcus Rashford, Alejandro Garnacho, hingga Antony, striker dengan gaya main seperti Weghorst belum dimiliki klub dan ia akan menambah variasi serta dimensi bermain yang berbeda.

2. Budaya Penyerang Klasik

Melihat tradisi Man United, klub punya cerita panjang dari penyerang klasik nomor 9 atau penyerang tengah murni dalam peran target man, sebut saja seperti Andy Cole, Teddy Sheringham, Ruud van Nistelrooy, Louis Saha, Dimitar Berbatov.

Belum lagi dengan tradisi penyerang tengah murni tapi bukan target man seperti Robin van Persie, Wayne Rooney, Dwight Yorke, Javier Hernandez, hingga Ole Gunnar Solskjaer.

Singkat kata, Man United selalu punya penyerang tengah murni di dalam skuad dan sebagian besar sukses - beberapa tidak sukses. Hadirnya Weghorst melanjutkan tradisi Man United dengan penyerang tengah murni.

3. Rekrutan Ideal

Sah saja menilai Wout Weghorst sebagai alternatif 'terakhir' setelah gagal memboyong Gakpo atau Felix, tetapi jika menilik uang lebih dari 100 juta euro yang dikeluarkan Man United di musim panas 2022, serta situasi transfer musim dingin, Weghorst jadi rekrutan ideal.

Pertama, Man United hanya mengeluarkan tiga juta euro untuk merekrutnya sebagai pemain pinjaman dari Burnley. Kedua, Weghorst punya pengalaman main di Premier League dengan Burnley.

Ketiga, bahasa seharusnya tak jadi kendala mengingat Ten Hag juga berasal dari Belanda. Terakhir, gaya mainnya berbeda dari penyerang Man United lainnya dan ia cukup berpengalaman di level klub serta internasional.

Trivia Sepak Bola Manchester United Wout Weghorst
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan