3.276 Personel Gabungan Amankan Laga Terakhir Fase Grup di Stadion GBT

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 16 November 2023
3.276 Personel Gabungan Amankan Laga Terakhir Fase Grup di Stadion GBT
Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jatim Kombespol Puji Santoso saat berada di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Grand Swiss Belhotel, Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BlaSkor.com - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengerahkan sebanyak 3.276 personel gabungan untuk mengamankan laga terakhir penyisihan grup yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya (16/11). Pengamanan laga Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia sesuai dengan prosedur FIFA.

"Khusus untuk pertandingan besok, kita siapkan 3276 personel keamanan untuk melaksanakan pengamanan. Dimana pengamanan untuk di Stadion GBT berjumlah 2886 personel yang terdiri dari gabungan TNI, Polri, pemerintah daerah setempat dan stakeholder terkait," ujar Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jatim Kombespol Puji Santoso.

"Kemudian sisanya sekitar 349 kita siapkan untuk pengamanan di rute, kemudian di lokasi tempat penonton akan menaiki bis menuju ke Stadion GBT. (Sebenarnya) jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 3951 orang. Tersebar di wilayah Surabaya, pengamanan lokasi hotel dan latihan. Kemudian pengamanan rute serta di lokasi kegiatan di Stadion GBT," tambahnya saat jumpa pers di Pusat Informasi Piala Dunia U-17 2023 di Grand Swiss Belhotel, Surabaya, Rabu (15/11).

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala Dunia U-17 2023 Hari Ini: Laga Penentu Timnas Indonesia U-17

Tak Ada Ketegangan, Skuad Timnas Indonesia U-17 Happy Jelang Laga Penentuan Kontra Maroko

Polda Jatim, kata Puji Santoso, juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya untuk mengatur lalu lintas di enam titik keberangkatan penonton ke Stadion GBT. Dia meminta penonton tidak menggunakan transportasi pribadi.

"Kita himbau juga penonton untuk tidak membawa kendaraan sendiri. Namun demikian, kita siapkan di zona 4 lokasi parkir. Ada 14 titik di daerah Jl. Jawar untuk antisipasi apabila ada penonton yang mungkin membawa kendaraan," beber Puji Santoso.

Perlu diketahui, Polda Jatim melakukan pengamanan ketat selama Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya. Namun mereka juga menerapkan metode pendekatan ramah anak.

"Terkait pengamanan ini, kami bagi menjadi empat zona. Posisi Polri adalah di zona 2, 3, dan 4. Untuk kali ini kami terapkan metode terbuka dan tertutup. Dengan menerapkan child friendly atau (pendekatan) ramah anak. Kami siapkan di ring tiga, tidak kami tampilkan di depan," tandas Puji Santoso. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Piala Dunia U-17 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.097

Bagikan