Ze Valente Bicara Target, Peluang Jadi Kapten, dan Regulasi Pemain Asing

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 04 Juni 2023
Ze Valente Bicara Target, Peluang Jadi Kapten, dan Regulasi Pemain Asing
Jose Pedro Magalhaes Valente alias Ze Valente yang baru tiba hanya menyaksikan sesi latihan rekan-rekan satu timnya Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Gelandang asal Portugal Jose Pedro Magalhaes Valente tidak sabar untuk segera mengarungi kompetisi Liga 1 2023/2024. Menurutnya, para pemain anyar dan lawas Persebaya Surabaya siap berjuang bersama memperebutkan gelar juara musim ini.

Namun untuk menjadi yang terbaik di Liga 1 bukan pekerjaan yang mudah. Pasalnya, Persebaya harus bersaing dengan Bali United, PSM Makassar, Persija Jakarta dan Persib Bandung yang mendominasi papan atas sepak bola Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Pemain yang dikenal dengan nama Ze Valente itu menilai sebagai tim besar, Persebaya layak bersaing mengejar target yang diusung. Dia mengatakan semua tim pasti memiliki target untuk meraih juara di musim ini.

"Itu (adanya target) bagus untuk semua orang (elemen) di Persebaya. Saya pikir semua pemain Persebaya ingin (hasil) yang sama (juara)," kata Ze Valente.

Baca Juga:

Satu Pemain Asing Baru Persebaya Absen Pemusatan Latihan

Aji Santoso Maksimalkan Peran Salman Alfarid di Lini Belakang

"Pesaing kami tentu ingin (meraih) target yang sama. Semua klub tentu ingin memulai (bersaing) untuk menjadi juara. Kami perlu bekerja lebih demi meraih target," tambah mantan pemain PSS Sleman itu.

Bukan tanpa alasan pemain berusia 29 tahun itu menekankan agar rekan-rekannya di Bajol Ijo kerja lebih keras. Pasalnya, dengan regulasi anyar terkait pemain asing, pasti bakal membuat tim-tim lain dihuni banyak pemain yang berkualitas.

Seperti yang diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 juga mengizinkan setiap klub memiliki kuota maksimal enam pemain asing. Dengan rincian lima pemain asing bebas dari negara mana saja, satu slot lagi diisi oleh pemain asal Asia Tenggara.

Pemain yang masuk di putaran kedua itu mendukung penuh regulasi penggunaan enam pemain asing. Kata Ze Valente, regulasi tersebut tidak membuat pemain lokal kurang mendapatkan kesempatan bermain.

"Itu bagus untuk perkembangan liga. Lebih banyak pemain asing, (kompetisi) lebih berkualitas. Pemain lokal perlu memahami bahwa mereka harus bekerja keras untuk bermain dan mendapat kans bermain. Bagi saya, secara personal, itu bagus," tegas pemain yang mengemas 16 kali penampilan dengan 4 gol dan 6 assist bersama Persebaya itu.

Lebih lanjut Ze Valente juga menanggapi kabar yang beredar jika dirinya bakal ditunjuk sebagai kapten tim kebanggaan Bonek itu di musim baru nanti, menggantikan M. Alwi Slamat. Apalagi perpanjangan kontrak pemain yang juga anggota TNI AD itu belum clear meski telah mengikuti latihan.

"Saya tidak tahu soal ini. Saya belum tahu. (Jika) pelatih memilih saya, tentu saja suatu kehormatan besar bisa menjadi kapten," tandas Ze Valente. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Ze Valente Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan