BCL Asia 2024

Yudha Saputera Guard Lokal Terbaik di Kualifikasi BCL Asia 2024

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 08 April 2024
Yudha Saputera Guard Lokal Terbaik di Kualifikasi BCL Asia 2024
Pemain Prawira Harum Bandung, Yudha Saputera (fiba)

BolaSkor.com - Kapten tim Prawira Harum Bandung Yudha Saputera dinobatkan sebagai guard lokal terbaik di Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) putaran pertama yang digelar di Ulaanbaatar, Mongolia.

Prawira Harum Bandung yang memenangkan tiga laga dan satu kali kalah pada babak Kualifikasi BCL Asia 2024 putaran pertama tersebut berhasil lolos pada Kualifikasi BCL Asia putaran kedua yang akan digelar di Jakarta pada akhir April.

Yang patut menjadi sorotan adalah penampilan Yudha Saputera yang menjadi sosok penting, sekaligus guard terbaik dari deretan guard lokal di turnamen ini.

Baca Juga:

Prawira Melaju ke Kualifikasi BCL Asia 2024 Putaran 2

Prawira dan Pelita Jaya Berpeluang Langsung ke Putaran Dua Kualifikasi BCL Asia 2024

Yudha mengoleksi poin terbanyak ketiga untuk kategori pemain posisi guard dengan 71 poin dari empat laga. Akan tetapi, dua nama di atas Yudha merupakan guard pemain asing di timnya masing-masing sehingga Yudha bisa dikatakan sebagai pemain lokal yang punya catatan poin tertinggi.

Sedangkan untuk field goals precentage atau akurasi tembakan dalam permainan terbuka, meski rata-rata skor yang dicetak Yudha di kisaran 17,8 poin per gim, namun dia menduduki peringkat pertama untuk posisi guard dalam hal field goals precentage dengan 52,1 persen. Di bawah Yudha, ada Freddie Lish dari Thailand yang bermain untuk Hi-Tech Basketball Club.

Fakta lain yang menjadikan Yudha layak disebut guard lokal terbaik adalah dari akurasi tembakan tripoinnya. Yudha menduduki peringkat pertama dengan 57,7 persen dalam akurasi tembakan jarak jauh.

Sepanjang empat laga, Yudha memasukkan 15 kali tripoin dari total 26 upaya yang dilakukannya. Di antara lima besar untuk kategori ini ada Nattakarn Muangboon, point guard Hi-Tech Basketball Club yang asli Thailand. Kemudian dua pemain Pelita Jaya Basketball yakni, Aldy Izzatur Rachman dan Andakara Prastawa Dhyaksa. Lalu point guard lokal Chung Tsun NG dari tim Hong Kong Eastern Basketball Team.

Wakil Indonesia yang merupakan juara dan runner up IBL Tokopedia 2023, yatiu Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya berhasil menunjukkan kualitasnya di ajang internasional. Selanjutnya, mereka diharapkan bisa bermain lebih bagus lagi agar bisa lolos dari kualifikasi putaran dua dan tampil di babak utama BCL Asia 2024.

Yudha Saputera Bcl asia Prawira Harum Bandung
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan