Piala Dunia U-20 2023 Bakal Meriah, Ada Tur Trofi dan Opening Ceremony

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 30 Januari 2023
Piala Dunia U-20 2023 Bakal Meriah, Ada Tur Trofi dan Opening Ceremony
Emblem resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia yang dirilis FIFA pada Rabu (17/8). (FIFA)

BolaSkor.com - Pemerintah Republik Indonesia akan menugaskan Wishnutama untuk menggarap konsep upacara pembukaan atau opening ceremony Piala Dunia U-20 2023.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu dinilai berpengalaman karena pernah menjadi Pengarah Kreatif Upacara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia.

"Ini sedang kami persiapkan (konsep pembukaannya). Itu yang menangani langsung Wishnutama," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (30/1).

Amali memastikan opening ceremony Piala Dunia U-20 2023 akan digelar semeriah mungkin. Hal ini pun sudah dikomunikasikan pada Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Tadinya 'kan tidak ada opening, tapi pada saat pertemuan saya dengan Presiden FIFA (Gianni Infantino) di Doha (Qatar) menjelang final Piala Dunia 2022, akhirnya beliau setuju ada opening di Piala Dunia U-20," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Digelar pada 1 April

Pendaftaran Relawan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Ditutup, Peminatnya Lebih dari 100 Ribu

Skuat Timnas Indonesia U-20 Persiapan Piala Asia U-20 Diumumkan, Ada Tiga Nama Baru

Sebelum itu, pemerintah dan panitia lokal penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 akan menggelar sejumlah kegiatan menarik sebagai bagian dari promosi ke masyarakat. Satu di antaranya adalah tur trofi Piala Dunia U-20 ke berbagai daerah.

"Ada tur trofi. Kami akan arak trofinya di berbagai kota. Kemarin saya sudah lapor pak Presiden (Joko Widodo)," ujar Menpora Amali.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan mulai 20 Mei sampai 11 Juni di enam stadion, yaitu Gelora Bung Karno (Jakarta), Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Total ada 24 tim dari enam konfederasi yang akan bertarung jadi yang terbaik di turnamen tersebut. Dari jumlah tersebut, 12 slot di antaranya sudah terisi.

Adapun 12 tim yang sudah dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 antara lain Indonesia (tuan rumah), Inggris (UEFA), Prancis (UEFA), Israel (UEFA), Italia (UEFA), Slowakia (UEFA).

Lalu ada Republik Dominika (CONCACAF), Guatemala (CONCACAF), Honduras (CONCACAF), Amerika Serikat (CONCACAF), Fiji (OFC), dan Selandia Baru (OFC).

Sementara itu untuk 12 tempat tersisa akan diperebutkan oleh para wakil dari Asia (4), Amerika Selatan atau CONMEBOL (4) dan Afrika atau CAF (4).

Piala dunia u-20 Pssi Menpora Zainudin Amali Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.250

Bagikan