Liga 1 2023/2024

Wasit Lokal Kadang Mengacaukan Laga, Persik Dukung Kehadiran Pengadil Asing

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 22 Desember 2023
Wasit Lokal Kadang Mengacaukan Laga, Persik Dukung Kehadiran Pengadil Asing
Wasit Yudi Nurcahya saat mengesahkan gol PSM dan mendapat protes dari Persik. (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Persik Kediri tercatat sudah dua kali merasakan bagaimana ketidaktegasan wasit membuat pertandingan harus tertunda. Yang terbaru, adalah saat Persik ditahan imbang 1-1 oleh PSM Makassar pada pertandingan yang berlangsung 3 jam 30 menit di Stadion Brawijaya, Senin (18/12) lalu.

Polemik soal gol Yuran Fernandes menit 85 menjadi awal penundaan pertandingan, setelah situasi keamanan tak kondusif. Dan setelah menunggu 1 jam 30 menit, Yudi Nurcahya sebagai wasit kembali melanjutkan pertandingan sampai tuntas.

Fenomena ini lalu memunculkan kembali asumsi bahwa kehadiran wasit asing bisa menjadi solusi terbaik untuk Liga 1. Marcelo Rospide pun memberikan opini terhadap asumsi ini dengan fenomena yang terjadi pada wasit lokal.

Baca Juga:

Persebaya Didenda hingga Rp220 Juta

Bali United Libur Tiga Pekan Selama Jeda Liga 1, Teco Pilih ke Amerika

"Menurut saya, kehadiran wasit asing mungkin bisa meningkatkan kualitas pertandingan kompetisi. Mereka membawa pengalaman yang baik kesini," ucap pelatih Persik Kediri asal Brasil tersebut.

Meski demikian, ia juga tak masalah jika 11 sisa pertandingan di Liga 1 musim ini tetap menggunakan jasa wasit lokal. Yang penting, mereka bisa lebih tegas dalam mengambil keputusan.

"Itu lah poinnya. Bagaimana seharusnya wasit patuh saja terhadap regulasi. Kalau yakin terjadi gol, sahkan saja, tidak akan ada masalah. Tapi terkadang, mereka sendiri yang mempersulit (jalannya) pertandingan," tambah Rospide.

Sebelumnya ketika Persik mengalahkan Persebaya 4-0 di Stadion Brawijaya (27/10) lalu, pertandingan mesti terhenti pada menit 44. Zetman Pangaribuan selaku wasit, membatalkan penalti untuk Persik setelah diprotes keras ofisial Persebaya hingga membuat pertandingan berhenti lebih dari 5 menit. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)

Liga 1 Persik kediri Breaking News Wasit
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan