Wajar jika Posisi Xavi di Barcelona Dapat Sorotan Tajam

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 30 November 2023
Wajar jika Posisi Xavi di Barcelona Dapat Sorotan Tajam
Xavi Hernandez (Twitter)

BolaSkor.com - FC Barcelona memastikan satu tempat di fase gugur Liga Champions 2023-2024. Kepastian itu didapat ketika Blaugrana menang 2-1 atas FC Porto di laga kelima grup H Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (29/11) dini hari WIB.

Untuk kali pertama sejak 2021, pasca ditinggal pergi Lionel Messi, Barcelona menembus 16 besar Liga Champions. Kendati demikian, kelolosan Barcelona tetap mendapatkan sorotan dan catatan yang mengarahkan pandangan kepada sang pelatih, Xavi Hernandez.

Pasalnya, Barcelona sempat kalah di fase grup melawan Shaktar Donetsk dan di LaLiga, penampilan tim inkonsisten hingga mereka saat ini ada di urutan empat klasemen meski berstatus juara bertahan.

Barcelona menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang dari lima laga terakhir LaLiga (tiga kemenangan). Xavi dikritik dan bahkan posisinya dikabarkan terancam sebagai pelatih, dengan kabar juga menuturkan Rafael Marquez akan menggantikan posisinya.

Baca Juga:

Manchester City 1-1 Liverpool: Akhir Catatan 23 Kemenangan Beruntun The Citizens

Hasil Liga Champions: AC Milan Dibantai di San Siro, Barcelona Lolos Ke-16 Besar

Pertama Kali Sejak Lionel Messi Pergi, Barcelona Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Terkait isu mengenai Xavi itu Direktur Olahraga Barcelona, Deco, angkat bicara. Menurutnya, wajar jika Xavi dibicarakan terkait posisinya sebagai pelatih karena performa tim naik turun, tetapi klub sepenuhnya mendukungnya.

"Kami tidak perlu meratifikasi apapun, Xavi adalah pelatih kami, dia punya kontrak dan baru saja memperbaruinya. Dan ketika sebuah klub memperbarui pelatihnya, itu karena mereka mempercayainya, tidak ada diskusi," papar Deco di Movistar.

"Saya mengerti ketika kami tidak bermain bagus dan tidak menang memang ada kritik, tapi itu normal. Ini sepak bola dan kami sudah terbiasa."

"Itu normal, kami tahu bahwa rumor adalah hal yang normal di Barca ketika mereka tidak bermain bagus."

"Tapi kami tahu apa yang kami inginkan setiap hari, kami tahu bahwa kami harus membawa kembali pemain ketika kami berpikir kami memiliki semua pemain, Gavi cedera."

"Tapi inilah sepak bola dan yang terpenting adalah hari-harinya, seberapa keras kami bekerja, seberapa besar kami menderita dalam kekalahan dan ini adalah sebuah tim," pungkas Deco.

Barcelona FC Barcelona Xavi Hernandez Liga Champions LaLiga
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan