VO2Max Tinggi, Masa Depan Timnas Indonesia U-20 Cerah

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 31 Januari 2024
VO2Max Tinggi, Masa Depan Timnas Indonesia U-20 Cerah
Para pemain Timnas Indonesia U-20. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, membeberkan bukti bahwa sepak bola Indonesia terus mengalami kemajuan positif. Satu di antaranya terkait performa pemain.

Indra bercerita, di awal karir kepelatihannya pada tahun 2011, saat dipercaya menukangi Timnas Indonesia U-16, dirinya kesulitan mencari pemain dengan nilai VO2Max minimal 50.

Hal itu berlaku saat Indra Sjafri melatih Timnas Indonesia U-19 dalam kurun waktu 2011 sampai 2014. Di periode itu, Indra Sjafri sempat meraih kesuksesan dengan menjadi juara Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo.

"Kalau melihat potensi tim ini, dari tahun 2011 saya menangani tim usia yang sama, ini saya memulai dengan ibaratnya kilometernya sudah tinggi gitu. Jadi kalau ditanyakan maju gak sepak bola Indonesia, Oh sangat maju. Di tahun 2013, mencari (pemain dengan) VO2max (nilai) 50 saja tuh susahnya minta ampun," kata Indra Sjafri.

Berbeda di era saat ini, Indra Sjafri mengatakan di Timnas Indonesia U-20 ada pemain yang VO2Max-nya 72. NIlai tersebut, kata Indra, melebihi standar.

"Ini (Timnas U-20) ada yang (nilainya) 72. Kita tes di Medical Sports Center kita (yang nilainya) 60 banyak. Jadi optimistis saja dan support mereka," ujar pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Baca Juga:

Indra Sjafri Bakal Libatkan Pemain Diaspora dalam TC Timnas Indonesia U-20 Bulan Maret

Pelatih Uzbekistan Yakin Timnas Indonesia Bisa Jadi Salah Satu Terbaik di Asia, Sebut Lawan Thailand Lebih Gampang

Namun, Indra mengingatkan awak media untuk tidak berlebihan memberikan 'panggung' kepada para pemain muda. Ia khawatir pemain tersebut belum siap secara mental, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan kemampuannya.

"Kalau ada nanti (pemain) yang menonjol, jangan diberitakan dia hebat. Supaya dia adem, tenang gitu. Jadi mari kita sama satu visi dalam membangun pemain usia muda," tutur Indra Sjafri.

Setelah meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja bersama Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri dipercaya oleh PSSI menukangi Timnas Indonesia U-20. Tim tersebut diharapkan meraih prestasi di Piala AFF U-19 2024 dan lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tim ini juga diproyeksikan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2025 di Cile.

Dalam rangka persiapan menuju turnamen-turnamen itu, Timnas Indonesia U-20 menggelar pemusatan latihan di Doha dan Jakarta. Dua uji coba juga dilakukan dengan menghadapi Thailand dan Uzbekistan.

Namun, meski kedua laga itu dimainkan di Jakarta, Timnas Indonesia U-20 selalu menelan kekalahan. Melawan Thailand, Skuad Garuda Nusantara kalah 1-2. Sedangkan saat menjamu Uzbekistan, Kadek Arel dkk. kalah 2-3.

Timnas indonesia u-20 Indra sjafri Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.376

Bagikan