Varian Omicron Munculkan Potensi Penundaan Piala Afrika 2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 15 Desember 2021
Varian Omicron Munculkan Potensi Penundaan Piala Afrika 2022
Trofi Piala Afrika (Twitter)

BolaSkor.com - Ditemukannya varian baru virus corona bernama Omicron mengancam perhelatan Piala Afrika 2022. Omicron sudah ditemukan di beberapa negara Eropa di kala penyebaran virus corona kembali terjadi.

Penyebaran virus corona kembali terjadi di Jerman, Inggris, hingga Spanyol. Beberapa laga di Jerman dilangsungkan tanpa penonton, sementara di Inggris sudah ada penundaan seperti laga yang mengaitkan dengan Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Piala Afrika 2022 yang sedianya berlangsung pada Januari 2022 pun berpotensi batal terlaksana karena Omicron, yang notabene berasal dari Afrika. Menurut kabar dari Mirror beberapa pelatih timnas khawatir dengan situasi tersebut.

Kekhawatiran yang sama juga terjadi kepada pelatih-pelatih klub yang akan melepas pemainnya ke timnas, seperti Jurgen Klopp di Liverpool. Dua pemain Liverpool merupakan tulang punggung timnas seperti Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Baca Juga:

Hasil Undian Ulang Babak 16 Besar Liga Champions: Inter Jumpa Liverpool, Madrid Lawan PSG

Ranieri Dukung Inter Milan Singkirkan Liverpool

8 Fakta Hasil Undian Ulang Babak 16 Besar Liga Champions: Liverpool Gagah di Depan Inter

Aljazair juara bertahan Piala Afrika

Piala Afrika sedianya sudah mengalami penundaan dari rencana awal terjadi pada musim panas 2020 (juga karena pandemi). CAF selaku Federasi Sepak Bola Afrika menundanya hingga Januari 2022.

Sekitar 40 pemain dari Premier League diprediksi bakal bermain dengan timnas masing-masing di Piala Afrika setelah bermain di Boxing Day, laga-laga Premier League sehari setelah Natal.

Sebelumnya, RMC Sport Prancis mengabarkan "beberapa pelatih nasional" mengenai varian Omicron, selain itu media yang sama juga merinci masalah kompleks seputar pemain yang bermain untuk tim-tim Inggris.

"Para pemain Afrika yang dipanggil oleh timnas mereka harus ... menjalani karantina sekembalinya mereka ke Inggris, yang karenanya akan membuat klub kehilangan pemain mereka untuk waktu yang lebih lama," demikian tulisan di RMC Sport.

Menilik penyebaran virus corona di Inggris, serta kekhawatiran varian Omicron di Afrika, potensi penundaan Piala Afrika 2022 itu tetap ada meski Koresponden Senior Sepak Bola The Independent, Melissa Reddy membantahnya.

"CAF cukup kuat dalam membantah laporan Piala Afrika akan ditunda atau dibatalkan - menyebut itu sebagai berita palsu, kebohongan, dan bersikeras tak pernah mendiskusikannya," tutur Melissa.

"Persiapan terus berlanjut di Kamerun dan Sky Sports mengumumkan bahwa mereka akan menyiarkan langsung seluruh pertandingan."

Breaking News Virus Corona Piala Afrika
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.280

Bagikan