Valencia 2-1 Barcelona: Los Ches Juara Copa del Rey, Blaugrana Masih Trauma dengan Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 26 Mei 2019
Valencia 2-1 Barcelona: Los Ches Juara Copa del Rey, Blaugrana Masih Trauma dengan Liverpool
Barcelona kalah 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey (Twitter)

BolaSkor.com - Trauma kekalahan pahit dari Liverpool di Liga Champions tampak masih berbekas di pikiran para pemain Barcelona. Blaugrana gagal mempertahankan titel Copa del rey untuk kelima kali beruntun.

Tim asuhan Ernesto Valverde kalah 1-2 dari Valencia di final Copa del Rey 2018-19 yang berlangsung di Benito Villamarin, Minggu (26/5) dini hari WIB.

Alhasil, Barcelona hanya meraih titel LaLiga musim ini. Sementara Valencia meraih titel Copa del Rey kedelapan mereka dan terakhir meraihnya 11 tahun silam. Marcelino Garcia Toral, di percobaan final pertama, sukses mempersembahkan titel untuk fans.

Baca Juga:

705 Pertandingan, Marcelino Baru Melakoni Final Perdana Kontra Barcelona

Prediksi Barcelona Vs Valencia: Gelar Ganda atau Perayaan 100 Tahun

Kapten Valencia, Dani Parejo

Barcelona, yang turun dengan taktik 4-3-3 tanpa Luis Suarez di lini depan, mendominasi permainan dari awal laga. Namun, dominasi itu tidak dibarengi dengan tempo dan intensitas bermain yang cepat. Terlebih, para pemain Barcelona tidak bermain seperti biasanya dan cenderung ceroboh dengan kesalahan mendasar: salah oper atau sapuan bola yang tidak sempurna.

Valencia, yang bermain dengan formasi 4-4-2, justru lebih banyak memberikan ancaman di babak pertama melalui serangan balik. Duo striker, Rodrigo Moreno dan Kevin Gameiro, sangat berbahaya dengan kecepatan yang mereka miliki.

Benar saja, keduanya turut mencatatkan namanya di papan skor pada paruh pertama pertandingan. Gameiro mengawalinya di menit 21 kala menyambut assist dari Jose Gaya, mendribel bola melewati Clement Lenglet dan melepaskan tendangan yang membuat Jasper Cillessen mati kutu.

Selebrasi gol Kevin Gameiro

Gol pertama tercipta karena Nelson Semedo, bek kanan Barca, ceroboh meninggalkan zona pertahanannya. Sementara untuk gol kedua Valencia, Carlos Soler berlari lebih cepat melewati Jordi Alba sebelum mengirim umpan silang yang ditanduk Rodrigo.

Barcelona tak bisa membalasnya sampai paruh pertama berakhir. Dua peluang tepat sasaran dari percobaan tendangan Ivan Rakitic dan Lionel Messi mampu diamankan kiper Valencia, Jaume Domenech.

Di babak kedua, Ernesto Valverde coba mengubah permainan timnya dengan memasukkan Malcom dan Arturo Vidal, menggantikan Arthur dan Semedo. Namun, Valencia yang bertahan dengan delapan pemain sangat sulit ditembus pemain Barcelona.

Barca baru dapat mencetak gol di menit 73 dari kemelut pasca sepak pojok. Messi menyambar bola rebound hasil tepisan Domenech yang menepis tandukkan Lenglet. La Pulga onside dan memperkecil ketertinggalan.

Lionel Messi

Kendati demikian, Valencia mampu bertahan dengan heroik hingga lima menit tambahan waktu berakhir di babak kedua. Valencia menang 2-1 atas Barcelona dan tangisan pecah dari mata fans.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Jasper Cillessen; Nelson Semedo (Malcom 46'), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal 46'), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Carles Perez 77'); Sergi Roberto, Lionel Messi (c), Coutinho.

Pemain Cadangan: Inaki Pena, Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, Carles Alena, Arturo Vidal, Carles Perez, Malcom.

Pelatih: Ernesto Valverde

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel, Jose Gaya; Carlos Soler, Daniel Parejo (c) (Geoffrey Kondogbia 65'), Francis Coquelin, Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno (Mouctar Diakhaby 88'), Kevin Gameiro (Cristiano Piccini 71').

Pemain Cadangan: Geoffrey Kondogbia, Neto, Ferran Torres, Mouctar Diakhaby, Cristiano Piccini, Toni Lato, Santi Mina.

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Breaking News Copa del Rey Final Copa Del Rey Valencia Valencia FC Barcelona Ernesto Valverde Marcelino García Toral
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan