Usulan Persebaya soal Format Liga 1 2021

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 26 April 2021
Usulan Persebaya soal Format Liga 1 2021
Candra Wahyudi, manajer Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - PSSI telah merencanakan bergulirnya Liga 1 2021-2022 mulai 3 Juli mendatang. Hanya saja, PSSI belum memutuskan format kompetisi seperti apa. Persebaya Surabaya lantas mengusulkan agar format kompetisi Liga 1 digelar terpusat.

Rencana kompetisi tersebut telah dibahas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada pertemuan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, (21/4) lalu. Bahkan, Menpora telah memerintahkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk bisa merumuskan format kompetisi musim 2021.

Persebaya mengikuti jejak PSIS Semarang melalui asisten pelatih Imran Nahumarury yang lebih dulu mengusulkan agar format Liga 1 nanti terpusat di daerah Jawa saja lantaran masih rawan penyebaran pandemi Covid-19.

Baca Juga:

Menpora Perintahkan PSSI dan PT LIB Rumuskan Format Kompetisi Secepatnya

Persiba Balikpapan Akhiri Rumor Alfredo Vera ke Arema FC

“Kalau memang sudah ada rencana kick-off itu bagus. Kami mengusulkan agar kompetisi digelar tersentralisasi sambil menunggu izin dan surat resmi. Ini yang ideal lantaran situasi sekarang masih pandemi,” ungkap manajer Persebaya Candra Wahyudi.

Saran dari tim asal Kota Pahlawan ini sejatinya bakal diterapkan PT LIB pada Liga 1 2020. Sayang, format itu batal dilaksanakan karena tidak keluarnya izin keramaian dari kepolisian.

“Mungkin bisa dimodifikasi lebih dipertajam dengan berkaca pada kesuksesan pelaksanaan Piala Menpora. Terutama dalam penerapan protokol kesehatan,” beber Candra.

Pria asli Bojonegoro itu menilai Pulau Jawa paling memungkinkan untuk format sentralisasi kompetisi musim 2021. Menurutnya, stadion hingga infrastruktur penunjang cukup memadai.

Ditambah sarana transportasi dengan adanya dukungan tol trans-Jawa yang dapat mempermudah mobilitas antarkota lebih terjangkau.

“Semua pihak bisa meminimalisir resiko penyebaran (Covid-19) sembari kompetisi tetap berjalan. Jadi, saya kira Pulau Jawa merupakan pilihan yang masuk akal,” ungkap Candra.

Bajol Ijo memang tidak dapat memaksakan usulan tersebut. Apalagi, PSSI dan PT LIB harus lebih dahulu mengadakan manager meeting dengan klub. Namun, Candra berharap masukan itu dapat dipertimbangkan sekaligus bisa diputuskan sebelum kongres PSSI pada 29 Mei mendatang.

“Sehingga akan dapat memudahkan kami dalam menyusun program,” tandasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan