Usai Rebut Medali Emas Asian Games 2022, Amellya Nur Sifa Ingin Tampil di Olimpiade 2024

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 03 Oktober 2023
Usai Rebut Medali Emas Asian Games 2022, Amellya Nur Sifa Ingin Tampil di Olimpiade 2024
Peraih emas Asian Games 2022 cabang balap sepeda BMX Amellya Nur Sifa. (Foto: MP/Kanugrahan)

BolaSkor.com - Peraih medali emas Asian Games cabang balap sepeda BMX, Amellya Nur Sifa disambut seperti pahlawan saat tiba di Tanah Air, Selasa (3/10).

Sifa dan tim BMX yang mengharumkan nama bangsa di Asian Games 2022 langsung dikalungi bunga begitu keluar dari pintu Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Selain Sifa, ada juga peraih medali perunggu dari tim BMX Indonesia, Jasmine Azzhara Setyobudi yang juga baru tiba dari Hangzhou.

Komite Eksekutif NOC Wisnu Wardana mengapresiasi prestasi gemilang tim BMX Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou.

"Atas nama NOC dan bangsa Indonesia kami ucapkan banyak terima kasih atas perjuangan kalian," jelas dia.

"Di pertandingan multievent lainnya kalian bisa terus juara. Karena masih ada event dan multievent lainnya yang mesti diikuti," kata dia.

Ketua harian PB ISSI Irjen Wahyu Hadiningrat mengatakan, prestasi yang diraih adalah kebanggaan buat Indonesia dan pecinta sepeda Indonesia.

"Kita bisa meraih hasil akibat latihan kita. Ini prestasi yang membanggakan karena kalian sudah bisa mengibarkan bendera Merah Putih. Pertahankan prestasi, tingkatkan kemampuan dan terus berlatih," kata Wahyu.

Sementara itu, Sesmenpora Gunawan Suswantoro juga memuji para atlet yang berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya di panggung dunia.

"Kami bangga sekali dengan kalian. Karena kalian berhasil mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Jangan pernah berlatih kita mesti yakin kedepan kita bisa menjadi juara dunia," tutur Gunawan.

Pada kesempatan ini Sifa mengaku tak menyangka bisa mendapatkan medali emas. Apalagi ini pertama kali ikut kejuaraan multievent selevel Asian Games.

"Awalnya memang targetnya hanya dapat medali. Karena memang persaingan terberat dari tuan rumah dan trek berbeda yang perlu dikuasai," tutur Sifa.

Sifa mengaku ingin sekali tampil di Olimpiade Paris 2024 mendatang. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak latihan di fasilitas yang baik di Tanah Air.

"Harapan saya sih ada fasilitas latihan yang baik agar kami bisa makin intens berlatih," kata Sifa yang sudah rutin berlatih sepeda sejak usia 7 tahun.

Medali emas yang diraih Sifa mengakhiri penantian panjang balap sepeda Indonesia meraih emas di Asian Games. Sebab, balap sepeda tercatat pernah meraih tiga emas di Asian Games 1962 melalui disiplin road.

Pada ajang kali ini, BMX juga mempersembahkan medali perunggu dari nomor yang sama lewat Jasmine Azzahra Setyobudi. Ini juga jadi perunggu kedua nomor BMX ini di sepanjang pelaksanaan Asian Games.

Asian Games 2022 Hangzhou Asian games
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan