Timnas Indonesia

Update Terbaru Naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 07 Februari 2024
Update Terbaru Naturalisasi Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye
Thom Haye dan Jay Idzes mendapat kesempatan untuk mengunjungi SUGBK, markas utama Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, membeberkan perkembangan proses naturalisasi dua pemain keturunan. Kedua pemain yang dimaksud adalah Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye.

Arya mengatakan proses naturalisasi kedua pemain tersebut tinggal diajukan ke DPR. Namun, PSSI dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih harus menunggu masa reses DPR selesai.

Ragnar sempat datang ke Surabaya untuk menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pada 16 November. Sedangkan, Thom Haye mulai mengikuti tahap awal proses naturalisasi pada 29 Desember 2023.

"Untuk Ragnar dan Thom Haye sudah beres di pemerintah. Kami mau ajukan ke DPR, tapi DPR-nya reses mulai hari ini (7/2) sampai bulan Maret," kata Arya.

Baca Juga:

Exco PSSI Ungkap Pertemuan Erick Thohir dan Shin Tae-yong, Tidak Bahas Perpanjangan Kontrak

Tahu Piala Asia U-23 Bukan Agenda FIFA, Shin Tae-yong Tetap Sesumbar ke Semifinal

Dinukil dari laman DPR-RI, masa reses akan berakhir pada 5 Maret mendatang. Karena itu, kata Arya, PSSI tidak bisa berbuat banyak.

"Kami enggak bisa salahkan siapa pun, karena memang jadwalnya seperti itu. Enggak bisa juga tiba-tiba kami minta demi ini (naturalisasi), enggak bisa juga seperti itu," tutur Arya.

Sementara itu, terkait jadwal pengambilan sumpah Nathan Tjoe-A-On, Arya mengaku tinggal menunggu pemain SC Heerenveen itu datang ke Jakarta. Nathan sebelumnya dijadwalkan mengikuti pengambilan sumpah setia sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada 28 Desember 2023 bersama dengan Jay Idzes.

Namun, pada saat itu, hanya Jay Idzes yang bisa datang ke Jakarta untuk mengikuti proses tersebut. Sedangkan, Nathan berhalangan hadir.

"Begini, untuk Nathan, yang penting dia (saat ke Jakarta), langsung kami urus (prosesnya)," ujar Arya.

Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On Ragnar Oratmangoen Thom Haye Naturalisasi Arya Sinulingga Exco pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.233

Bagikan