Unai Emery Bisa Gagalkan Ambisi Juara Premier League Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 08 Desember 2023
Unai Emery Bisa Gagalkan Ambisi Juara Premier League Arsenal
Unai Emery (Twitter)

BolaSkor.com - 15 pekan berlalu dan persaingan titel Premier League 2023-2024 kian memanas, apalagi Manchester City - juara bertahan - melalui empat laga beruntun tanpa kemenangan: tiga kali imbang dan sekali kalah.

Posisi The Citizens pun merosot ke urutan empat klasemen dengan 30 poin dari 15 laga, berada di bawah Arsenal (36 poin), Liverpool (34 poin), dan Aston Villa (32 poin). Hadirnya Villa di empat besar cukup menarik.

Di kala sorotan publik lebih mengarah ke Tottenham Hotspur, Newcastle United, dan Brighton & Hove Albion sebagai tiga tim yang meramaikan persaingan di papan atas, Villa besutan Unai Emery muncul sebagai kejutan.

Menariknya, pada pekan 16 Premier League Unai Emery akan membawa timnya, Aston Villa, melawan Arsenal di Villa Park, Minggu (10/12) pukul 00.30 dini hari WIB. The Villans dapat menganggu ambisi juara liga tim tamu.

Baca Juga:

Luton Town 3-4 Arsenal: The Gunners Menang Dramatis

Posisi Klasemen Arsenal di Premier League jika Tak Cetak Gol Telat

Baru Seumur Jagung di Arsenal, Jakub Kiwior Berpotensi Hengkang

Arsenal terakhir kali juara liga pada 2004 dan musim lalu muncul sebagai pesaing Man City dalam merebutkannya. Emery merupakan mantan pelatih Arsenal medio 2018-2019. Ia jadi pelatih pertama yang melatih Arsenal setelah era Arsene Wenger (22 tahun melatih).

Arsenal tak memenangi trofi di eranya namun Emery membawa klub ke final Liga Europa 2019, sebelum kalah dari Chelsea. Pasca melatih Arsenal, Emery sempat membesut Villarreal sebelum kembali ke Premier League dan melatih Villa pada 2022.

Setahun melatih, Emery meningkatkan performa Villa dan kini jadi kuda hitam persaingan di papan atas Premier League. Bahkan, baru ini mengalahkan Man City (1-0) dan naik ke urutan tiga klasemen.

"Kami boleh saja senang tapi kami juga harus menjaga keseimbangan. Untuk sekarang kami harus fokus dengan Arsenal pada Sabtu nanti. Saya ingin kami menjadi tim dengan mentalitas pemenang dan seimbang," tegas Emery dikutip dari Dailymail.

"Kami sadar di mana posisi kami saat ini di klasemen. Tapi di belakang kami ada Manchester City, Manchester United, dan Tottenham, maka persaingan akan sangat sulit (di empat besar)."

Emery dipecat Arsenal dan digantikan Mikel Arteta. Kini, kedua pelatih dari Spanyol itu meningkatkan kemampuan tim mereka dan akan saling bentrok akhir pekan ini di Villa Park.

Villa telah memenangi 14 laga kandang Premier League terakhir, catatan yang sudah diukir sejak Maret lalu. Mereka belum pernah menang 15 kali beruntun dalam sejarah klub.

Namun, Arsenal juga punya catatan bagus hanya dua kali kalah dari 21 laga tandang lawan Villa di Premier League, 12 kali menang dan tujuh kali imbang. Itu membuat laga nanti kian menarik.

Unai Emery Arsenal Premier League Aston villa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan