UEFA Resmikan Aturan Baru Pengganti FFP

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 08 April 2022
UEFA Resmikan Aturan Baru Pengganti FFP
Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. (Twitter)

BolaSkor.com - Rencana UEFA untuk mengganti regulasi Financial Fair Play (FFP) akhirnya terwujud. Lewat rapat komite eksekutif, Konfederasi Sepak Bola Eropa tersebut mengesahkan aturan baru yang akan berlaku mulai musim panas mendatang.

UEFA memang sempat melonggarkan regulasi FFP selama masa pandemi virus corona. Hal itu tak lepas dari berkurangnya pendapatan klub secara drastis yang berdampak krisis finansial.

Masa pandemi yang tak kunjung usai tampaknya membuat UEFA sadar FFP tak bisa lagi digunakan. Maka dari itu sebuah terobosan baru harus ditegakkan demi melindungi klub-klub dari ancaman kebangkrutan.

Baca Juga:

Bocoran Format Baru UEFA Financial Fair Play

UEFA Usut Aksi Tak Terpuji Presiden PSG

Presiden UEFA: Kebangkitan Liga Super Eropa Hanya Omong Kosong

UEFA menamai aturan baru ini dengan Financial Sustainability and Club Licensing Regulations (FSCLR). Klub-klub akan diberi waktu selama tiga tahun untuk beradaptasi.

Tujuan utama regulasi ini adalah untuk mencapai keberlanjutan finansial. Ini akan dicapai melalui tiga pilar utama yaitu solvabilitas, stabilitas, dan pengendalian biaya.

Salah satu perbedaan mencolok FSCLR dan FPP adalah batasan pengeluaran setiap klub. Mereka kini diizinkan mengeluarkan dana sebesar 70 persen dari pendapatan klub untuk transfer, gaji, dan biaya agen.

Namun kelonggaran pengeluaran dari batas yang ditentukan bisa menyentuh angka 60 juta euro dalam waktu tiga tahun. UEFA juga menyiapkan hukuman bagi klub yang melakukan pelanggaran.

"Aturan keuangan pertama yang dikeluarkan UEFA pada 2010 (FFP) sudah memenuhi tujuan utamanya. Aturan tersebut membantu klub-klub Eropa menjauh dari masalah finansial dan merevolusi tata kelola klub sepak bola," kata presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

"Namun evolusi industri sepak bola, ditambah krisis finansial akibat pandemi, telah menunjukkan perlunya reformasi menyeluruh dan juga aturan keberlanjutan finansial yang baru."

"Aturan baru ini akan membantu kita semua untuk melindungi sepak bola dan bersiap terhadap kejutan yang mungkin muncul di masa depan, sambil mendorong investasi yang rasional dan membangun masa depan yang berkelanjutan untuk sepak bola," tegasnya.

UEFA Aleksander Ceferin Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan