UEFA Rancang Salary Cap sebagai Pengganti Financial Fair Play

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 13 Agustus 2021
UEFA Rancang Salary Cap sebagai Pengganti Financial Fair Play
UEFA (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA dikabarkan Sky Sports sedang mempertimbangkan menghapus peraturan Financial Fair Play yang dianggap mulai tak efektif. UEFA akan menggantinya dengan pajak barang mewah dan batasan gaji atau salary cap.

Financial Fair Play pertama kali diperkenalkan pada 2009. Aturan tersebut dibuat agar klub mencapai titik impas antara pendapatan dan pengeluaran. Meskipun, ada kelonggaran berupa kerugian maksimal 30 juta euro dalam tiga tahun.

Akan tetapi, pada praktiknya, ada sejumlah klub yang terlihat kebal dengan peraturan tersebut. Klub-klub kaya tetap bisa mengeluarkan dana selangit untuk membeli pemain yang diinginkan.

Baca Juga:

Comeback ke Premier League, Lukaku Bakal Bungkam Haters dari Fans Man United

Romelu Lukaku Sudah Mendarat di London

Romelu Lukaku dan 4 Bintang yang Meninggalkan Serie A pada 2021

Aleksander Ceferin

UEFA pun berencana membuat format baru. Terlebih, pandemi virus corona telah menghantam perekonomian tim-tim di Eropa. UEFA memprakirakan klub-klub Eropa setidaknya kehilangan pendapatan 7,5 miliar dollar karena pandemi virus corona.

"Kami berencana menghapus FFP. Biar saya perjelas. Kami perlu menyesuaikan dengan kenyataan baru. Kami perlu mendorong dan melepaskan investasi," jelas presiden UEFA, Aleksander Ceferin, sebelum Piala Eropa 2020.

"Kami perlu memperbaiki beberapa ketidakadilan yang mungkin ditimbulkan secara tak langsung oleh Financial Fair Play," imbuhnya.

Menurut kabar yang berkembang, peraturan baru pengganti FFP adalah pajak barang mewah dan juga batasan nilai gaji. Dengan begitu, pengeluaran setiap klub bisa lebih dikontrol agar tidak terjadi ketimpangan.

Sampai aturan baru diperkenalkan (rencana sebelum akhir tahun) klub tidak akan dihukum karena melanggar aturan FFP. Asalkan, klub bisa membuktikan kerugian yang terjadi disebabkan karena pandemi.

UEFA Breaking News Financial Fair Play
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.580

Bagikan