UEFA Bakal Tinjau Ulang Aturan Gol Tandang

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 05 September 2018
UEFA Bakal Tinjau Ulang Aturan Gol Tandang
Thomas Tuchel, Massimiliano Allegri, Jose Mourinho. (UEFA)

BolaSkor.com - UEFA memutuskan bakal meninjau ulang aturan gol tandang pada kompetisi yang mereka gelar. Hal itu setelah sebagian pelatih memprotes aturan tersebut.

Aturan gol tandang kali pertama diperkenalkan UEFA pada Piala Winners 1965. Saat itu, aturan tersebut digunakan untuk menentukan pemenang laga yang memiliki agregat sama.

Pada awalnya, hal tersebut guna menghindari bermain di tempat netral yang bisa menguras fisik pemain. Selain itu, UEFA memperkenalkan aturan gol tandang untuk menghindari pelemparan koin yang terlalu berbau keberuntungan.

Akan tetapi, rupanya pelatih klub-klub top Eropa merasa keberatan dengan aturan tersebut. Setidaknya, demikian yang terjadi pada pertemuan pelatih Eropa di markas UEFA di Nyon, Swiss, beberapa waktu lalu.

Acara tersebut dihadiri oleh manajer Manchester United, Jose Mourinho, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, dan arsitek Atletico Madrid, Diego Simeone. Turut hadir mantan pembesut Arsenal, Arsene Wenger.

Pertemuan pelatih itu memang biasa dilakukan untuk meningkatkan standar kompetisi sepak bola Eropa. Setelah pertemuan tersebut UEFA akan meninjau kembali aturan gol tandang.

"Para pelatih berpendapat mencetak gol di kandang lawan tidak sesulit pada masa lalu. Mereka meminta aturan itu untuk ditinjau ulang dan akan kami lakukan," ujar Sekretaris Deputi UEFA, Giorgio Marchetti, seperti dilansir FourFourTwo.

"Para pelatih top Eropa menilai sepak bola telah berubah pada masa kini. Mereka menganggap beban gol tandang tidak lagi sama seperti saat aturan ini diperkenalkan," lanjut Marchetti.

Hingga saat ini, belum diketahui apa yang akan digunakan untuk menggantikan aturan gol tandang. UEFA juga membahas soal VAR dan bursa transfer.

UEFA Pelatih Gol Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan