Piala Asia 2023

Ucapkan Selamat kepada Timnas Irak, Shin Tae-yong Soroti Kinerja Wasit

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 16 Januari 2024
Ucapkan Selamat kepada Timnas Irak, Shin Tae-yong Soroti Kinerja Wasit
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kecewa dengan keputusan wasit dalam laga penyisihan Grup D Piala Asia 2023 kontra Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1). Terutama setelah tidak membatalkan gol kedua Irak.

Gol tersebut dicetak oleh Osama Rashid pada menit ke-45+7. Gol tersebut membuat Irak kembali unggul.

Sebelum gol tersebut, Timnas Indonesia bisa menyamakan kedudukan melalui Marselino Ferdinan pada menit ke-37. Gol Marselino sebagai balasan gol pertama Irak melalui Mohanad Ali pada menit ke-17.

Shin Tae-yong kecewa lantaran sebelum Osama Rashid mencetak gol, percobaan Irak berbau offside.

Teknologi SAOT (Semi-automated offside technology) tidak ditampilkan dalam momen tersebut. Itu sebelum wasit meneruskan pertandingan.

Baca Juga:

Buntut Kontroversi Gol Kedua Irak, Manajer Timnas Indonesia Layangkan Protes Resmi ke AFC

Hasil dan Klasemen Grup E Piala Asia 2023: Korsel Menang, Malaysia Digilas Yordania

“Pertama selamat untuk Timnas Irak yang memenangkan laga. Tetap tim kami menunjukkan yang terbaik. Saya ingin menyinggung soal gol kedua. Itu tidak bisa diterima bagi kami. Itu 100 persen offside,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Gol kedua Irak disebutnya begitu krusial bagi jalannya pertandingan. Indonesia akhirnya kalah 1-3, di mana gol ketiga Irak dicetak Aymen Hussein menit ke-75.

“Ada kesalahan dalam mengambil keputusan oleh wasit dan itu yang terjadi. Itu menurunkan nilai Piala Asia. Saya sangat kecewa dengan gol kedua itu. Karena itu menjadi momen krusial dalam laga ini.”

“Hasilnya kami kalah dari Irak terutama dari skor. Tiga gol untuk Irak, kami satu gol, dengan skor 3-1. Saya terima sampai 50-40 Irak mendominasi pertandingan, tetapi seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa gol kedua mengubah laga. Anda katakan bahwa teknis dan teknologi baru yang diterapkan, tetapi keputusan akhir ada di wasit,” jelas Shin Tae-yong.

Kekalahan ini membuat Indonesia sementara berada di posisi keempat. Garuda selanjutnya menghadapi Vietnam pada 19 Januari 2024.

Shin Tae-yong Timnas Indonesia Irak Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan