Trofeo Dortmund Kontra Persebaya dan Persib Terancam Gagal

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Minggu, 16 Oktober 2022
Trofeo Dortmund Kontra Persebaya dan Persib Terancam Gagal
Borussia Dortmund. (Twitter)

BolaSkor.com - Rencana penggunaan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, untuk pertandingan trofeo yang melibatkan Borussia Dortmund, terancam batal. Pasalnya, kelanjutan gelaran sepak bola di Indonesia masih menanti instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Ajang trofeo itu akan diikuti Persebaya Surabaya dan Persib Bandung pada akhir November 2022 mendatang. Hadirnya klub Jerman tersebut ke Indonesia sejatinya dapat menjadi acuan bahwa Tanah Air aman, nyaman, dan menyambut baik kedatangan klub-klub Eropa. Hanya saja, publik sepak bola Indonesia tengah berduka usai Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober lalu.

Akibatnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan penghentian sementara kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 hingga proses penyelidikan tuntas. Ditambah dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan.

Meski begitu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali tampaknya menunggu hasil pertemuan pemerintah, PSSI, AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) dan FIFA. Rencananya, pertemuan tersebut bakal digelar Selasa (18/10) mendatang.

Baca Juga:

Skuat Persib Bandung Kembali Diliburkan

Lanjutan Liga 1 2022/2023 Rencananya Dimulai Akhir November

“Pokoknya ini kan sudah ada FIFA di sini. Kalau sudah dalam renovasi, pasti akan digunakan. FIFA ada di sini. Sudah berkantor di Jakarta mereka,” ujar Zainudin menjawab BolaSkor.com, Sabtu (15/10) sore.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan presiden (Keppres) terkait status renovasi Stadion GBT. Menurutnya, jika Keppres tersebut turun, tentu stadion yang dibuka pada 6 Agustus 2010 silam itu tidak dapat digunakan.

“Kalau itu (Stadion GBT) sudah diambil alih (pemerintah) untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023, sesuai dengan Keppres, tentu kami akan mengikuti. Tapi, saat ini kita masih menunggu Keppres-nya,” ujar Eri kepada BolaSkor.com.

“Kemungkinan bisa batal. Tapi karena aturan yang ditetapkan kami belum tahu, kalau dalam Keppres tidak boleh digunakan, maka tidak dapat digunakan. Ini seperti pada 2021, tapi karena diundur (Piala Dunia U-20), akhirnya dicabut dan (Stadion GBT) bisa digunakan kembali,” tambahnya.

Hal itu dibenarkan Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur Amir Burhanuddin yang memastikan stadion-stadion venue Piala Dunia U-20 tidak akan dapat digunakan begitu Keppres keluar.

“Dalam waktu dekat akan keluar Keppres, begitu keluar enam stadion akan dalam perawatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” tegasnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persib Bandung Persebaya surabaya Liga 1 Borussia Dortmund Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.967

Bagikan