Timothy Weah, Putra Legenda AC Milan yang Melewati Rekor Sang Ayah di Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 22 November 2022
Timothy Weah, Putra Legenda AC Milan yang Melewati Rekor Sang Ayah di Piala Dunia 2022
Selebrasi gol Timothy Weah (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Amerika Serikat mengawali Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang 1-1 melawan Wales di laga pertama grup B, Selasa (22/11), yang dihelat di Al Rayyan Stadium. Hasil itu membuat seru persaingan di grup B.

Inggris memuncaki klasemen dengan tiga poin setelah menang 6-2 atas Iran, diikuti Amerika dan Wales dengan satu poin. Amerika sempat memimpin 1-0 dari gol Timothy Weah di menit 36 yang dibalas penalti Gareth Bale di menit 82.

Pertandingan relatif berjalan ketat dengan 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen Wales. Amerika punya enam tendangan dan satu di antaranya tepat sasaran, sementara Wales dengan tujuh tendangan dan tiga tepat sasaran.

Satu yang menarik atensi di laga itu adalah Timothy Weah. Penonton sepak bola Prancis atau Ligue 1 familiar dengannya karena ia memperkuat Lille, tapi di Piala Dunia ini namanya kian populer terutamanya dengan nama "Weah" yang dibawanya.

Baca Juga:

Inggris 6-2 Iran: Hujan Gol, The Three Lions dan Southgate Catat Sejarah

Menilik Bonus yang Diterima Timnas Inggris jika Juara Piala Dunia 2022

Cristiano Ronaldo, Manusia Pertama 500 Juta Pengikut di Instagram

Ya, Timothy Weah merupakan putra dari legenda sepak bola dunia asal Liberia, George Weah. George memenangi Ballon d'Or pada 1995 dan pernah membela klub top Eropa seperti AC Milan, Chelsea, Monaco, dan PSG.

Weah lahir di Brooklyn, New York, pada 22 Februari 2000. Ayahnya George Weah dan ibunya, Clar, berasal dari Jamaika. Perbandingan dari publik tentang Timothy Weah dan George Weah akan terus ada, seperti biasa sepak bola di Eropa.

Akan tapi Weah sudah melakukan apa yang tidak dapat dilakukan ayahnya dan mengukir rekor. Menurut catatan dari Marca, dengan gol dan partisipasinya di Piala Dunia saja sudah membawa Weah melewati sang ayah.

Liberia tak pernah bermain di Piala Dunia dan oleh karenanya George - tentu saja - tidak mencetak gol. Itu dilakukan langsung oleh putra dari Presiden Liberia tersebut saat melawan Wales sekaligus menambah manis catatan Keluarga Weah.

Bahkan gol dari Weah itu jadi gol pertama timnas Amerika Serikat di Piala Dunia. Selain itu juga menjadi gol pertama yang didapatkan Wales di Piala Dunia, sejak Pele mencetak gol melawan mereka di Piala Dunia 1958 Swedia.

"Christian (Pulisic) memberi saya bola yang bagus dan bergantung pada saya untuk menyelesaikannya," tutur Weah sebagaimana dilansir dari Goal.

"Rasanya seperti di babak pertama kami memiliki banyak energi, banyak momentum, dan kemudian memasuki babak kedua kami menekan dan Wales meningkatkan (tempo bermain). Mereka mulai menekan kami, mereka menguasai sebagian besar bola dan saya pikir pada akhirnya itulah yang benar-benar menyakiti kami," urai mantan pemain PSG tersebut.

Amerika Amerika Serikat Timnas amerika serikat Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Arab saudi George Weah Timothy Weah
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.831

Bagikan