Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia U-23, Erick Thohir: Kita Pertahankan Tradisi Kemenangan di Qatar

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 12 September 2023
Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia U-23, Erick Thohir: Kita Pertahankan Tradisi Kemenangan di Qatar
Presiden Jokowi bersama Ketum PSSI Erick Thohir mendukung langsung Timnas Indonesia U-23 di Stadion Manahan, Solo. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 untuk pertama kali lolos ke Piala Asia U-23. Kepastian ini didapat usai Skuat Garuda Muda menang 2-0 atas Turkmenistan U-23, pada laga pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9) malam WIB.

Skuat Garuda Muda bermain dominan di depan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang hadir langsung di Stadion Manahan. Dua gol kemenangan Timnas Indonesia U-23 dilesakkan oleh Ivar Jenner (40') dan Pratama Arhan (90+3').

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, menyambut positif keberhasilan Timnas Indonesia U-23 lolos ke Qatar. Menurut Erick, mental dan tradisi menang harus menjadi kultur yang tak boleh luntur.

"Alhamdulillah tradisi kemenangan Timnas U-23 berlanjut. Setelah emas SEA Games 2023, finalis AFF U-23, tren positif berlanjut di kualifikasi Piala AFC U-23. Mari kita pertahankan mental dan tradisi menang di Qatar!" ujar Erick Thohir dalam keterangannya, Selasa (12/9).

Baca Juga:

Perfect! Shin Tae-yong Bawa Timnas Senior, U-23, dan U-20 Lolos ke Piala Asia

Sejarah Tercipta! Timnas U-23 untuk Pertama Kali Lolos ke Piala Asia U-23

Menang 2-0 atas Turkmenistan, Timnas Indonesia U-23 Pastikan Tiket Piala Asia U-23 2024

Erick Thohir mengatakan, misi sesungguhnya Timnas Indonesia U-23 ada di Qatar pada 2024. Dengan persiapan matang, kata Erick, Timnas Indonesia U-23 bisa menatap peluang bermain di Olimpiade Paris 2024. Syaratnya Skuat Garuda Muda mesti melaju hingga babak semifinal.

"Tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola. Memang perjuangan di Qatar tidak mudah. Namun dengan mental pemenang yang tidak mau menyerah, tradisi kemenangan ini bisa kita lanjutkan untuk menembus Olimpiade Paris 2024," ujar Erick Thohir.

"Mental pemenang ini yang mesti dipertahankan siapa pun lawannya. Hari ini mungkin Turkmenistan, besok di Qatar mental yang sama mesti kita pertahankan, tak peduli lawannya Jepang atau Korea Selatan," tegas Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-23
Starting eleven Timnas Indonesia Vs Turkmenistan. (Instagram Timnas Indonesia)

Di era Erick Thohir memegang kendali kepengurusan PSSI, Timnas Indonesia memang mencatat rentetan hasil yang sangat baik.

Dimulai dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-20 tampil baik di Piala Asia U-20 2023. Meski satu grup dengan Uzbekistan dan Irak yang keduanya kemudian menjadi juara dan runner-up kompetisi, Indonesia mampu bersaing ketat di putaran grup.

Tren positif Timnas Indonesia berlanjut di ajang SEA Games 2023. Penantian juara selama 32 tahun berhasil dituntaskan dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas.

Pada Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 menjadi runner-up dengan hanya kalah adu penalti di babak final melawan Vietnam. Kini di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 tampil sempurna dengan menyabet seluruh kemenangan dengan total mencetak 11 gol tanpa kebobolan. Di level senior tren positif Timnas Indonesia mengantarkan rekor Garuda mencatat peringkat FIFA terbaik dalam 12 tahun terakhir.

Timnas indonesia u-23 Pssi Erick thohir Kualifikasi Piala Asia U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.056

Bagikan