Timnas U-22 3-2 Vietnam, Philippe Troussier Dua Kali Menelan Pil Pahit dari Skuat Garuda

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 13 Mei 2023
Timnas U-22 3-2 Vietnam, Philippe Troussier Dua Kali Menelan Pil Pahit dari Skuat Garuda
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Philippe Troussier. (VFF)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-22 melaju ke final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023. Kepastian ini didapat usai Skuat Garuda Muda menang 3-2 atas Vietnam U-22, pada babak semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (13/5) sore WIB.

Pertandingan berjalan seru selama 90 menit. Timnas Indonesia U-22 unggul lebih dahulu melalui tandukan Komang Teguh (9').

Vietnam menyamakan kedudukan melalui Nguyen Van Tung (35'). Lalu Timnas Indonesia U-22 kembali unggul melalui Muhammad Ferarri (53').

Vietnam kembali menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Bagas Kaffa pada menit ke-78. Sebelum akhirnya Muhammad Taufany mencetak gol kemenangan Skuat Garuda Muda pada menit ke-90+5'.

Ini kekalahan menyakitkan bagi pelatih timnas Vietnam U-22, Philippe Troussier. Untuk pertama kalinya, Vietnam kalah dari Indonesia di kelas Senior dan U-23 dalam beberapa tahun belakang.

Baca Juga:

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Final Usai Kalahkan Vietnam

CdM Lexyndo Hakim, Ketum PSSI, dan Shin Tae-yong Dukung Langsung Timnas U-22 Kontra Vietnam

Timnas Indonesia U-22
elebrasi Komang Teguh usai bobol gawang Vietnam. (NOC/Rizki Fitrianto)

Lalu, Philippe Troussier untuk kedua kalinya dikalahkan Timnas Indonesia, setelah sebelumnya menelan pil pahit di Piala Asia 2004.

Ketika itu, pelatih asal Prancis itu melatih timnas Qatar yang segrup dengan tuan rumah China, Indonesia, dan Bahrain. Pada pertandingan pertama melawan Timnas Indonesia, Philippe Troussier bersama Qatar kalah 1-2.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak Budi Sudarsono (26’) dan Ponaryo Astaman (48’), Qatar hanya mampu memberi perlawanan lewat gol Magid Mohammed (83’).

Qatar asuhan Troussier tidak pernah menang selama fase grup Piala Asia 2004. Selanjutnya, The Maroons ditahan imbang 1-1 oleh Bahrain, dan ditekuk China 0-1.

Alhasil, Qatar menghuni posisi dasar klasemen Grup A dengan hanya mengoleksi satu poin. Timnas Indonesia sendiri finis di posisi ketiga dengan perolehan tiga poin.

Bagi Timnas Indonesia, kemenangan atas Qatar asuhan Troussier merupakan kemenangan perdana Timnas Indonesia di pentas Asia. Setelah itu, Philippe Troussier dipecat dari kursi pelatih Qatar.

Timnas Indonesia U-22 Vietnam Timnas vietnam SEA GAMES SEA Games 2023 Philippe Troussier Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan