Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Pernah Lawan Argentina, Marc Klok Tak Gentar Bertemu Jepang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 20 Desember 2023
Timnas Indonesia Pernah Lawan Argentina, Marc Klok Tak Gentar Bertemu Jepang
Selebrasi gelandang Timnas Indonesia Marc Klok, usai bobol gawang Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Gelandang Timnas Indonesia, Marc Klok, mengaku tidak gentar bertemu dengan timnas Jepang pada laga Grup D Piala Asia 2023 Qatar. Berdasarkan jadwal, pertemuan Indonesia dengan Jepang akan terjadi pada 24 Januari 2024 di Stadion Al Thumama.

Marc Klok sadar bahwa secara kualitas tim maupun individu pemain, timnas Jepang relatif di atas Indonesia. Namun, kata Klok, itu bukan berarti Timnas Indonesia inferior.

Pengalaman bertanding dengan juara Piala Dunia 2022, Qatar, pada 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dijadikan contoh oleh Marc Klok. Dalam laga itu, Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan meski pada akhirnya perbedaan kualitas yang terlalu jauh membuat Argentina menang dengan skor 0-2.

"Kita lihat nanti. Kami juga main lawan Argentina sebelumnya, kami lawan pemain-pemain yang sangat bagus," kata Klok kepada awak media di Jakarta.

Meski Jepang tidak membawa beberapa pemain bintangnya seperti Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Daichi Kamada (Lazio), Wataru Endo (Liverpool) dan Kauro Mitoma (Brighton), Klok tetap menghormati tim Samurai Biru.

Pasalnya, sebagian besar pemain timnas Jepang yang dibawa ke Qatar juga berkarier di Eropa, di antaranya Junya Ito yang bermain di Stade de Reims (Prancis), Takuma Asano (VfL Bochum, Jerman), Ayase Ueda (Feyenoord, Belanda), Ritsu Doan (SC Freiburg, Jerman) dan Takumi Minamino (AS Monaco, Perancis).

"Seperti yang saya bilang, mereka (timnas Jepang) sangat bagus dari segi kualitas dibanding tim kita. Akan tetapi, tidak ada yang tidak bisa. Kita harus siap, kita harus punya fisik yang bagus, dan 90 menit dengan bola, semua bisa (terjadi)," tutur Klok.

Baca Juga:

Diperkuat 7 Pemain Keturunan, Shin Tae-yong Targetkan Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Alasan Shin Tae-yong Abaikan Stefano Lilipaly meski Gacor bersama Borneo FC

Klok berharap Timnas Indonesia bisa tampil lepas sepanjang turnamen dan bisa membuat kejutan dengan lolos ke babak 16 besar. Selain Jepang, Timnas Indonesia juga akan bersaing dengan Irak dan Vietnam di babak grup.

"Saya punya target secara tim, yaitu lolos dari fase grup. Saya rasa itu akan jadi prestasi yang luar biasa. Jika memungkinkan, target saya tinggi, ekspektasi tinggi, tapi saya hanya ingin menikmati semua momen."

"Saya ingin membuat orang Indonesia bangga, saya pikir itu harus menjadi target kami. Jadi bukan saja personal, tetapi secara tim, kami harus membuat orang Indonesia bangga dan melakukan yang terbaik yang kami bisa," tutur pemain asal Persib Bandung tersebut.

Sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024, Timnas Indonesia akan menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Turki. TC itu berlangsung mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Timnas Indonesia juga mengagendakan dua uji coba kontra Libya di Turki pada 2 dan 5 Januari 2024. Kemudian melawan Iran di Doha pada 9 Januari 2024.

Dalam TC ini, pelatih Shin Tae-yong membawa 29 pemain. Nantinya, ada tiga nama yang dicoret, meski saat pertandingan, hanya 23 pemain yang bisa didaftarkan.

Timnas Indonesia Timnas Argentina Timnas Jepang Marc Klok Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.488

Bagikan