Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jadi Target Berikutnya Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 Januari 2024
Timnas Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Jadi Target Berikutnya Shin Tae-yong
Aksi Marselino Ferdinan menghadapi Australia. (PSSI)

BolaSkor.com - Pekerjaan besar menanti Shin Tae-yong setelah menuntaskan target lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Pekerjaan yang dimaksud adalah mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus mengunci tiket ke putaran final Piala Asia 2027.

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dua kali pada Maret nanti. Indonesia terlebih dulu menjadi tuan rumah pada 21 Maret, sebelum lima hari setelahnya (26 Maret) tandang ke markas Vietnam.

Saat ini, di klasemen sementara Grup F, Timnas Indonesia menempati posisi juru kunci (4) dengan koleksi satu poin. Jika bisa meraih hasil maksimal dalam dua pertemuan kontra Vietnam, Skuad Garuda berpotensi naik ke posisi dua.

Sebelumnya, di dua laga Grup F pada November 2023, Timnas Indonesia kalah 1-5 di kandang Irak dan hanya bermain imbang 1-1 di markas Filipina. Karena itu, Shin Tae-yong berharap bisa meraih hasil lebih baik di dua laga kontra Vietnam.

Baca Juga:

Andai Saja Tidak Terjadi Gol Bunuh Diri, Mungkin Hasil Timnas Indonesia Lawan Australia Bisa Berbeda

Dikalahkan Australia, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Cuma Kalah Pengalaman

"Target berikutnya adalah kami ingin lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia (putaran ketiga). Karena dalam dua pertandingan pertama melawan Irak dan Filipina, kami hanya mendapatkan satu hasil imbang dan satu kekalahan. Jadi dalam beberapa hari mendatang, pada bulan Maret, kami ingin mendapatkan hasil besar sehingga kami bisa masuk ke kualifikasi final (putaran ketiga)," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia mampu meraih hasil maksimal kontra Vietnam nanti, karena tampil baik di Piala Asia 2023. Bahkan, Vietnam sempat dikalahkan dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup.

Meski menelan kekalahan melawan tiga tim yang levelnya di atas Indonesia, seperti Irak, Jepang, dan Australia, tetapi Shin Tae-yong melihat ada perkembangan yang ditunjukkan para pemain. Secara permainan, kata Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan terhadap tiga 'raksasa' Asia itu.

"Saya pikir para pemain bermain dengan baik dan para pemain percaya kepada saya sebagai pelatih kepala. Mereka mengikuti pedoman dan instruksi yang saya berikan. Dan juga PSSI mendukung saya dengan baik. Mereka memberikan banyak kepercayaan kepada saya," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Piala Asia Piala Asia 2023 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.483

Bagikan