Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Kembali Dikalahkan Libya, Shin Tae-yong Berdalih Kurang Latihan Taktik

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 05 Januari 2024
Timnas Indonesia Kembali Dikalahkan Libya, Shin Tae-yong Berdalih Kurang Latihan Taktik
Aksi Marselino Ferdinan saat Timnas Indonesia melakoni uji coba kedua kontra Libya, Jumat (5/1). (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia menelan kekalahan dengan skor 1-2 dari Libya dalam uji coba yang digelar di Stadion Titanic Mardan, Antalya, Turki, Jumat (5/1). Ini jadi kekalahan kedua dari Libya setelah di pertemuan pertama, Selasa (2/1), Skuad Garuda dihajar 4-0.

Merespons kekalahan ini, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan selama training camp (TC) di Turki sejak 21 Desember 2023, para pemainnya lebih sering berlatih fisik ketimbang taktik.

Hal ini dinilai berpengaruh terhadap apa yang ditampilkan Timnas Indonesia di atas lapangan saat pertandingan. Namun, secara permainan, malam ini Skuad Garuda tampil lebih baik dengan beberapa kali berhasil memberikan ancaman ke pertahanan Libya, bahkan satu di antaranya berbuah menjadi gol.

Indonesia unggul terlebih dulu lewat Yakob Sayuri pada menit keenam. Libya kemudian mencetak dua gol balasan via Osama Elsharimi dan Ahmed Ekrawa.

"Memang selama di Turki kita sudah latihan fisik, tanpa bisa latihan taktik. Jadi satu hari sebelum pertandingan saja latihan taktik sebentar," kata Shin Tae-yong usai laga kontra Libya, Jumat (5/1).

Baca Juga:

Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Libya di Perjumpaan Kedua

Jordi Amat Merasa Terhormat Jadi Kapten Timnas Indonesia

Dalam laga tadi, Shin Tae-yong menguji formasi yang akan dia pakai saat melakoni partai pertama di Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1). Dengan demikian, kemungkinan besar starter yang diturunkan nanti tidak akan jauh berbeda.

Ernando Ari berdiri di bawah mistar. Kemudian tiga pemain belakang diisi oleh Rizky Ridho, Jordi Amat dan Elkan Baggott. Sementara itu, Justi Hubner dan Ivar Jenner dipasang sebagai dua gelandang tengah. Lalu kedua sisi sayap diisi oleh Yakob Sayuri dan Pratama Arhan.

Di depan, Shin Tae-yong memilih Rafael Struick sebagai penyerang tengah. Dia dibantu Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan dari sisi kiri dan kanan.

"Memang dalam laga ini saya gunakan formasinya untuk antisipasi lawan Irak, dan semua pemain bekerja keras. Di luar dari hasilnya, saya puas atas performa pemain malam ini," ucap Shin Tae-yong.

Setelah ini, Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar untuk melanjutkan persiapan sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari mendatang. Tim Merah-Putih juga masih menyisakan satu tes terakhir melawan Iran di Qatar, Selasa (9/1).

Timnas Indonesia Libya Uji coba timnas Tc timnas Piala Asia Piala Asia 2023 Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.424

Bagikan