Timnas Indonesia Gelar TC Sebelum Piala Asia, PSSI Upayakan Pemain Abroad Bergabung

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 26 November 2023
Timnas Indonesia Gelar TC Sebelum Piala Asia, PSSI Upayakan Pemain Abroad Bergabung
Starter Timnas Indonesia saat menghadapi Filipina, Selasa (21/11). (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI berencana mengirim Timnas Indonesia ke luar negeri untuk melakukan pemusatan latihan atau TC sebelum berlaga di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

TC tersebut rencananya dilangsungkan di Turki mulai 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tentu menginginkan semua pemain yang dipanggil bisa mengikuti TC sejak awal.

Untuk para pemain yang berasal dari klub-klub Liga 1, diyakini tidak akan ada kendala dalam mengikuti TC tersebut. Sebab, Liga 1 akan diliburkan pada periode 19 Desember 2023 sampai 3 Februari 2024.

Namun, untuk para pemain abroad, atau yang bermain di luar negeri, maka PSSI harus mencari jalan keluar. Salah satunya dengan membangun komunikasi.

"Ini yang sudah kami komunikasikan dengan klub di luar negeri karena memang TC ini cukup panjang," kata manajer Timnas Indonesia, Sumardji saat dihubungi wartawan.

Baca Juga:

Gelar Evaluasi, Exco PSSI Segera Panggil Bima Sakti sampai Shin Tae-yong

Timnas Indonesia Dua Away Hanya Dapat Satu Poin, Shin Tae-yong Berharap Laga Kandang

"Kalau pemain-pemain yang berada di dalam negeri, tidak ada masalah kan Liga 1 berhenti," ujarnya menambahkan.

Meski skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 belum diumumkan, tetapi tercatat ada 10 pemain abroad yang kerap jadi langganan Tim Merah-Putih. Empat dari 10 pemain tersebut bermain di Asia, yakni Jordi Amat (Malaysia), Pratama Arhan (Jepang), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), dan Saddil Ramdani (Malaysia).

Sisanya merumput di Eropa, di antaranya Elkan Baggott (Inggris), Sandy Walsh (Belgia), Shayne Pattynama (Norwegia), Rafael Struick (Belanda), Marselino Ferdinan (Belgia), dan Ivar Jenner (Belanda).

"Memang kami lagi menjalin komunikasi terus dengan klub-klub sehingga bisa diberikan pemain yang di luar negeri," imbuh Sumardji.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung ke dalam Grup D. Di grup tersebut, tim asuhan Shin Tae-yong bakal bersua lawan-lawan kuat, seperti Jepang, Irak, dan Vietnam.

Timnas Indonesia Pssi Sumardji Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.233

Bagikan