Piala Asia 2023

PSSI Masih Dukung Penuh Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 16 Januari 2024
PSSI Masih Dukung Penuh Shin Tae-yong di Piala Asia 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan instruksi melawan Irak. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengatakan tetap mendukung penuh Shin Tae-yong (STY), meski gagal memenuhi target meraih satu poin saat Timnas Indonesia menghadapi Irak pada laga perdana Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1).

Bermain di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-3. Tiga gol Irak masing-masing disumbangkan oleh Mohanad Ali pada menit 17, Osama Rashid (45+7') dan Aymen Hussein (75'). Sementara itu, satu-satunya gol Tim Garuda berasal dari Marselino Ferdinan di menit 37.

"Saya dukung penuh (Shin Tae-yong), dan sesuai kesepakatan, STY dikontrak sampai Juni (2024) dengan target-target lolos 16 besar (Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024)," kata Erick Thohir di Jakarta, Senin (15/1).

Baca Juga:

Hasil Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Dibungkam Irak di Laga Perdana

Analisis Formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Soal kans Timnas Indonesia lolos 16 besar Piala Asia, Erick menilai masih ada peluang kendati di laga pertama Skuad Garuda menelan kekalahan dari Irak. Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam pada pertandingan kedua, Jumat (19/1) dan terakhir melawan Jepang (24/1).

Vietnam yang kalah 2-4 dari Jepang di laga sebelumnya, di atas kertas jadi lawan yang paling memungkinkan dikalahkan Timnas Indonesia. Namun, Erick meminta kepada para pemain Timnas Indonesia untuk tidak meremehkan tim asuhan Philippe Troussier itu.

Sebab, The Golden Star Warriors mampu memberikan perlawanan terhadap Jepang. Bahkan, Vietnam sempat unggul 2-1 sebelum Jepang membalikkan kedudukan menjadi 2-4.

"Vietnam saya rasa tim yang tangguh. Tujuh pemain utama mereka cedera, tapi masih bisa melawan Jepang, bahkan sempat (unggul) 2-1. Lalu pemain Jepang kelasnya beda, berbalik menang 2-4. Jadi jangan remehkan mereka," ujar Erick Thohir.

Menurut Erick, salah satu kekuatan yang paling menonjol dari Vietnam adalah kegigihan para pemain di atas lapangan. Erick mengaku salut dengan hal itu.

"Salah satu kekuatan mereka adalah patriotisme tinggi saat membela Timnas. Ini yang saya rasa pemain-pemain Indonesia perlu belajar dari Vietnam, saat main di timnas perlu all out. Vietnam bisa, masa Indonesia tidak," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Timnas Indonesia Timnas Irak Shin Tae-yong Pssi Erick thohir Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan