Tim-tim yang Masih Bertarung Merebutkan Tiket Fase Gugur Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Senin, 11 Desember 2023
Tim-tim yang Masih Bertarung Merebutkan Tiket Fase Gugur Liga Champions
Manchester United vs Bayern Munchen (Twitter)

BolaSkor.com - Pertandingan terakhir fase grup Liga Champions 2023-2024 akan berlangsung tengah pekan ini. Masih ada beberapa tim yang akan bertarung habis-habisan untuk mengamankan tiket 16 besar, termasuk duo Setan Merah.

Manchester United dan AC Milan masih memiliki peluang untuk lolos ke fase gugur, tetapi tidak mudah mewujudkannya. Sementara itu, sudah ada 12 tim yang memastikan tempat di fase gugur, termasuk sang juara bertahan, Manchester City.

11 tim lainnya adalah Arsenal, Atletico Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Inter Milan, Lazio, RB Leipzig, PSV Eindhoven, Real Madrid, dan Real Sociedad.

Baca Juga:

Tak Punya Mentor, Beban Rasmus Hojlund Terlalu Berat di Manchester United

Jadi Target Manchester United, Serhou Guirassy Punya Klausul Pelepasan Hanya Rp296 Miliar

Man United Imbang Lawan Galatasaray, Bruno Fernandes Luapkan Rasa Frustrasi

Sementara untuk tim yang sudah dipastikan tak bisa lolos adalah Antwerp, Benfica, Celtic, Red Star Belgrade, Feyenoord, Lens, RB Salzburg, Sevilla, Union Berlin, dan Young Boys.

Lantas, bagaimana hitung-hitungan atau syarat yang dibutuhkan untuk tim yang masih berpeluang lolos ke fase gugur?

Grup A

Tiga tim masih berpeluang lolos adalah Copenhagen, Galatasaray, dan Man United. Bayern dipastikan lolos sebagai pemuncak klasemen dengan 13 poin, sedangkan di bawahnya ada Copenhagen, Galatasaray (lima poin), dan Man United (empat poin).

Man United bisa lolos jika menang di Old Trafford melawan Bayern Munchen, Rabu (13/12) pukul 03.00 dini hari WIB, tetapi juga berharap laga Galatasaray melawan Copenhagen di Parken berakhir imbang.

Galatasaray dan Copenhagen bisa mendampingi Bayern jika memenangi pertandingan, tetapi imbang juga menjaga peluang lolos dengan catatan Man United gagal menang atas Bayern.

Jika catatan poin sama maka head to head akan jadi kriteria pertama untuk jadi pembeda, lalu ada juga perbedaan gol pada catatan head to head serta kebobolan gol head to head.

Grup C

Satu slot tersisa di grup ini direbutkan oleh Napoli dan Braga, untuk mencari pendamping Madrid yang memastikan tempat di puncak klasemen. Napoli punya tujuh poin dan Braga empat poin.

Kedua tim akan bertemu di Stadio Diego Armando Maradona, Rabu (13/12) pukul 03.00 dini hari WIB. Napoli cukup meraih hasil imbang untuk lolos, sementara Braga bisa lolos jika menang dengan jarak setidaknya dua gol.

Grup F

Tak salah ini disebut sebagai grup 'neraka'. Terlebih di luar prediksi, Dortmund memastikan tempat di 16 besar dan satu slot tersisa direbutkan Paris Saint-Germain (PSG), Newcastle United, dan AC Milan.

PSG menentukan nasib mereka sendiri kala bermain di markas Dortmund, Kamis (14/12) pukul 03.00 dini hari WIB. Menang maka mereka lolos mendampingi Dortmund karena saat ini punya tujuh poin, berada di atas Newcastle dan Milan (lima poin).

Imbang juga dapat membawa PSG lolos ke fase gugur, tetapi ada potensi catatan head to head mereka akan dihitung dari pemenang laga antara Newcastle dan Milan.

Sementara bagi dua klub yang disebut terakhir itu, keduanya akan bentrok di St James' Park. Hasil imbang tak cukup bagi mereka hingga target kemenangan jadi target, tetapi nasib Newcastle dan Milan bergantung hasil akhir laga Dortmund vs PSG.

Grup H

Barcelona sudah lolos dipastikan lolos ke-16 besar dengan 12 poin, sedangkan satu tiket lainnya diperebutkan Porto dan Shakhtar Donetsk yang sama-sama memiliki sembilan poin.

Keduanya juga akan bertemu di Estadio do Dragao, Kamis (14/12) pukul 03.00 dini hari WIB. Pemenang laga tersebut sudah pasti lolos mendampingi Barcelona, tetapi jika imbang maka kembali catatan head to head akan jadi pembeda.

Liga Champions Manchester United Milan AC Milan
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.851

Bagikan