Tim Obstacle Race Indonesia Pulang dengan Kepala Tegak

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Selasa, 09 Mei 2023
Tim Obstacle Race Indonesia Pulang dengan Kepala Tegak
Tim Obstacle Race Indonesia (Prasso/Merah Putih)

BolaSkor.com - Tim obstacle race Indonesia telah pulang ke tanah air. Setelah berjibaku dengan membawa pulang tiga medali di SEA Games 2023 Kamboja, Mudji Mulyani dan kawan-kawan disambut layaknya pahlawan saat tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (9/5) dini hari.

Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Harry Warganegara, pun dengan bangga mengalungi satu per satu pahlawan Indonesia itu dengan bunga.

Para Atlet yang mengenakan jaket Tim Indonesia ini pun tampak sumringah saat disambut tim NOC meski telah mengarungi perjalanan berjam-jam dari Kamboja.

Baca Juga:

Medali Emas Ke-20 Indonesia Hadir dari Mountain Bike Eliminator, Perunggu Juga Diperoleh

Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023, Senin (8/5): Indonesia Menutup Hari dengan Emas Voli Putra

Target di SEA Games 2023 Tercapai Jadi Buah Kerja Keras dan Persiapan Serius Kun Bokator Indonesia

"Terus terang kami bangga, ternyata timnya baik putera maupun putri bisa mendapat medali. Bahkan yang putri itu hampir emas," kata Harry.

Harry pun menyoroti medali perak yang didapat Mudji Mulyani/Rahmayuna Fadillah/Anggun Yolanda Samsul Hadi/Ayu Puspita Sari untuk Tim Relay Putri-Country Olympic. Pasalnya, mereka tak diprediksi mampu menembus dua besar sebelumnya.

"Tentunya ini pencapaian luar biasa, ya," jelas dia.

Ia menilai, pembinaan dan pengalaman bertanding di luar sangat penting. Hal ini penting agar kesempatan bertanding di tingkat yang lebih tinggi bisa diraih lewat pendapatan poin.

"Artinya partisipasi pertandingan di luar negeri itu penting. Boleh dibilang ini kam cabang olah raga yang baru. Tapi kami punya tim dan federasi. Masa depan olah raga obstacle ini bagus," imbuh Harry.

Harry menuturkan, dua medali perunggu dan satu perak yang berhasil dibawa, tentu adalah kado indah untuk rakyat Indonesia khususnya pecinta olah raga halang rintang. Ia juga berharap obscatle bisa menjadi olympic sport kedepannya.

"Kita punya atlet dan sumber pembinaan dari IOC yang bisa membantu coach dan pelatihan ke luar negeri. Ini mesti dimanfaatkan. Saya yakin bisa berprestasi kedepannya," ungkap Harry yakin.

Sementara itu, peraih medali perak di nomor relay putri, Mudji Mulyani mengaku gregetan karena sejatinya ia dan tim bisa meraih emas. Namun hanya kalah jangkauan tipis dari tim Filipina.

"Ya gregetan sekali. Tapi oke lah, kami kan belum punya fasilitas mereka udah punya. Itupun persiapan kami hanya sebulan lewat TC mandiri di Filipina pas bulan puasa lalu," jelas Mudji

Mudji punya harapan tersendiri terhadap olah raga obstacle Indonesia.

"Mudah - mudahan lebih maju dan berkembang lagi. Karena di Indonesia belum punya fasilitas untuk olah raga ini sehingga kedepannya punya fasilitas," ungkap dia seraya tersenyum dan nada bicara antusias ini. Sebab, ia melihat Indonesia berpotensi menjadi yang terbaik di Cabang obstacle kedepannya.

"Kami hanya sebulan berlatih bisa hampir setara dengan mereka (Filipina) yang sudah lima tahun. Ini luar biasa karena kami hampir emas," ungkap Mudji yakin seraya menyebut olah raga obstacle tak terlalu sulit untuk dicoba masyrakat awam ini.

Sekadar informasi saja, obstacle race tim Indonesia berhasil menyumbangkan tiga medali pada pertandingan yang digelar di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja.

Mudji Mulyani/Rahmayuna Fadillah/Anggun Yolanda Samsul Hadi/Ayu Puspita Sari mengamankan medali perak untuk Tim Relay Putri-Country Olympic. Adapula Angga Cahya/Fahrun Fahrun/Panji Mohamad Paisal/Putra Waluya Nuryayi yang meraih perunggu pada nomor Tim Relay Putra-Country Olympic. Sebelumnya pada Sabtu (6/5), Anggun Yolanda Samsul Hadi mempersembahkan medali perunggu untuk Kontingen Merah-Putih di nomor tunggal putri.

Penulis: Kanugrahan/MerahPutih.com

SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.607

Bagikan