Tim ESports Asal Jawa Tengah Borong Gelar di Turnamen Internasional

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 10 Juni 2023
Tim ESports Asal Jawa Tengah Borong Gelar di Turnamen Internasional
Tim E-Sports asal Jawa Tengah merajai turnamen di Singapura. (Istimewa)

BolaSkor.com - Tiga tim ESports asal Jawa Tengah merajai turnamen IESPA Central Java E-Sport Summit yang berlangsung di Singapura.

Turnamen tersebut mempertandingkan belasan tim E-Sport dari Indonesia yang diwakili Jawa Tengah dan tim-tim dari Singapura.

Turnamen yang berlangsung di kantor pusat perusahaan produsen hardware fame global, Razer, di Asia Tenggara, ini terselenggara berkat kolaborasi antara IESPA (Indonesia E-Sport Association) Jawa Tengah dan National Youth Council Singapura yang merupakan bagian dari Kementerian Budaya, Komunitas dan Pemuda Singapura (the Ministry of Culture, Community and Youth of Singapore).

Sebelumnya, tim yang terpilih mewakili Jawa Tengah dalam pertandingan melawan para tim E-Sport Singapura telah melalui tahap seleksi awal melalui turnamen regional babak penyisihan yang diselenggarakan pada bulan Maret 2023 di Tentrem Mall kota Semarang.

Di babak akhir kompetisi, tiga tim E-Sport Jawa Tengah bernama Pigmy E-Sport, Pratama Gank dan Sakira Greatness masing-masing berhasil menjadi juara pertama, kedua dan ketiga setelah mengalahkan 13 tim lainnya.

Prestasi yang ditorehkan ketiga tim tersebut membuat Ketua Dewan Pembina IESPA Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bangga. Ganjar berharap turnamen IESPA Central Java E-Sport Summit dapat digelar secara rutin.

"E-Sport menjadi ruang diplomasi bagi pemuda-pemuda kita, dan kenyataan itu tidak bisa kita tolak. Mengajak mereka ngobrol lebih intens tentang dunianya, tentang rencana dan targetnya, dari situ kita bisa menyiapkan infrastruktur yang sesuai dengan harapan mereka," kata Ganjar dalam pembukaan acara, Sabtu (20/05/23).

"Dari situlah kita bisa mengoptimalkan seluruh bakat yang terlibat dalam dunia E-Sport ini. Dunia ini bukan hanya bicara tentang player, tetapi juga ada coach, talent scouting, analis, manager dan lain sebagainya. Maka saya berharap, ini bukan event yang pertama sekaligus terakhir. Semoga dapat berkelanjutan sebagai ruang lain untuk jalinan persahabatan pemuda antar negara."

"Kalau perlu, cara ini bisa menjadi sebuah gerakan yang bisa merangkul pemuda di negara lain untuk turut serta, sehingga pada titik tertentu akan terkumpul semua dengan kemampuan terbaiknya. Saya rasa, Jawa Tengah, Indonesia, siap menjadi tuan rumah untuk event selanjutnya,” ucap Ganjar.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum IESPA Jawa Tengah, BRM Suryo Adhityo Nuswantoro, menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan oleh Ganjar. Menurut dia, Ganjar menyadari potensi yang dimiliki atlet-atlet E-Sport di Jawa Tengah.

"Beliau selalu konsisten mendukung seluruh kegiatan pembinaan E-Sports khususnya yang berada di Jawa Tengah karena beliau menyadari potensi yang sangat besar dalam perkembangan E-Sports di Tanah Air," ujarnya.

Sementara itu, promotor IESPA Central Java E-Sport Summit, Chandra Kusuma, menjadi lebih optimistis terhadap perkembangan E-Sport di Indonesia, terutama di Jawa Tengah, setelah melihat perhatian dari Ganjar.

"Ini bukan pertama kali Pak Ganjar mendukung E-Sport, tapi sudah terbukti berulang kali dalam berbagai kesempatan, acara dan turnamen. Beliau pemimpin yang suportif, inklusif dan visioner," katanya.

"Totalitas dan keseriusan Pak Ganjar mendukung aspirasi, passion dan hobi para pemuda di Tanah Air dalam ranah E-Sport memiliki peranan kunci dalam keberhasilan tim E-Sport Jawa Tengah membawa pulang tiga piala dan sapu bersih juara satu, dua dan tiga."

"Para partisipan E-Sport dalam turnamen ini yang mayoritas masih muda merasa dirangkul dan didukung penuh oleh Pak Ganjar yang percaya mereka bisa bersaing secara global, jadinya mereka tidak hanya bersemangat, namun juga merasa bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik saat melawan belasan tim dan kompetitor dari negara asing," pungkas Chandra.

Esports Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan