Tim Berkuda Indonesia Bawa Pulang Medali Perak dari Thailand

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 21 November 2022
Tim Berkuda Indonesia Bawa Pulang Medali Perak dari Thailand

BolaSkor.com - Kabar menggembirakan datang dari tim berkuda Indonesia di Thailand. Tim yang beranggotakan tiga atlet junior Merah Putih berhasil menyabet medali perak dalam kejuaraan internasional Princess Cup 2022.

Tim berkuda Indonesia ini beranggotakan Euclia Purnama (16), Muhammad Akbar Kurniawan (18) dan Kayla Aleesha (16). Mereka keluar sebagai yang kedua terbaik di kelas show jumping CSIJ-B 100 sentimeter.

Dalam lomba yang berlangsung di Royal Stable Unit/Royal Horse Guard Riding Club, Krung Thep Maha Nakhon, Thailand tersebut, tim Indonesia sejatinya nyaris menggondol medali emas setelah mampu melewati ronde pertama dengan mulus alias clear round.

Sayangnya, Euclia dan kawan-kawan mendapatkan dua penalti pada ronde kedua, sehingga harus puas membawa pulang medali perak dengan 0-8/191,21 detik. Sementara medali emas pada kelas ini diraih oleh tim Thailand A (0-8/177,91 detik), sedangkan perunggu direbut Malaysia (6-4/199,71 detik).

“Aku sih sangat bersyukur dan berterima kasih kepada orangtua, tim, pelatih, dan semua yang telah membantu dan mendukung kami supaya bisa dapat kemenangan ini,” kata Euclia, salah satu anggota tim.

“Karena kami tim Indonesia harus minjem kuda untuk pertandingan ini, kita harus cepat beradaptasi dalam waktu yang dikasih yaitu cuma 30 menit supaya bisa bekerjasama dengan kudanya saat tanding,” sambungnya.

Bagi Euclia, kemenangan ini sangatlah berarti dan spesial. Sebab, Princess Cup 2022 menjadi turnamen internasional perdana dalam karier berkudanya, dan ia bersama Akbar serta Kayla mampu meraih medali perak.

“Aku sangat bahagia bisa memberi perak untuk Indonesia pada pertandingan internasional aku yang pertama. Pertandingan ini akan selalu mempunyai kesan spesial untukku,” tutur Clia, sapaan akrabnya.

Selain mengamankan medali perak di turnamen internasional pertamanya, Euclia juga sangat mensyukuri hasil ini karena dirinya datang ke Thailand tidak dalam kondisi fit.

Atlet berkuda berusia 16 tahun itu ternyata memiliki masalah pada kakinya, dan nyaris membuatnya batal berangkat. Namun, Clia memutuskan untuk tetap terbang ke Thailand meski dalam kondisi kaki sakit saat berlomba.

“Aku sangat grogi sebelum berangkat karena beberapa pertandingan sebelumnya. Kakiku semakin parah, sampai minggu menjelang berangkat ke Thailand, aku menjalani akupuntur dan physio setiap hari,” ungkapnya.

Istimewanya, Clia mampu menyelesaikan ronde pertama dengan clear round walau dengan kakinya yang cedera. Situasi inipun membuat motivasi tim kembali terangkat meski pada akhirnya belum berhasil menjadi juara di Princess Cup 2022.

“Ini pertandingan yang sangat penting dan ini kali pertama aku mewakili Indonesia dan aku sangat ingin membuat Indonesia bangga dengan menyumbangkan medali,” ucap Clia.

“Aku sudah benar-benar bersyukur dan berterima kasih kepada semuanya yang sudah membantu, baik itu orang tua, tim dan semuanya,” tutupnya.

Breaking News Equestrian
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan