Tidak Terpancing Emosi, Kunci Timnas Indonesia U-22 Kalahkan Thailand untuk Rengkuh Emas

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 17 Mei 2023
Tidak Terpancing Emosi, Kunci Timnas Indonesia U-22 Kalahkan Thailand untuk Rengkuh Emas
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (NOC/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Misi Timnas Indonesia U-22 mengakhiri penantian 32 tahun terhadap medali emas cabang olahraga sepak bola putra SEA Games berakhir pada Selasa (16/5) malam di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh.

Timnas Indonesia U-22 menyabet medali emas cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2023 Kamboja setelah membungkam Thailand U-22 dengan skor 5-2.

Kedua tim bermain imbang 2-2 di 90 menit. Dua gol Timnas Indonesia U-22 dilesakkan oleh Ramadhan Sananta (20' dan 45+4'). Sedangkan dua gol Thailand diciptakan Anan Yodsangwal (64') dan Yotsakon Burapha (90+7').

Di babak perpanjangan waktu, Skuat Garuda Muda menambah tiga gol melalui Irfan Jauhari (91'), Fajar Fathrurrahman (106'), dan Beckham Putra Nugraha (119').

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, mengungkapkan kunci keberhasilan Skuat Garuda Muda merengkuh medali emas. Terutama menjaga mental saat disamakan 2-2 di penghujung laga babak kedua.

Baca Juga:

Timnas U-22 Sabet Emas SEA Games 2023, Presiden Jokowi: Akhir Sebuah Penantian Selama 32 Tahun

Timnas U-22 Sabet Medali Emas SEA Games 2023, CdM Lexy: Hadiah untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Cocoklogi Argentina Juara Piala Dunia, Napoli Scudetto, Timnas Indonesia Sabet Emas SEA Games

Indra Sjafri, Dua Kali Turnamen Juara dan Tak Pernah Kalah di Kamboja

"Suasana pertandingan sama seperti semifinal, dramatis juga. Bahkan saat kita unggul 2-1 saya pikir pertandingan berakhir karena tambahan waktu hanya 7 menit rupanya belum dan itu gol bagi mereka. Kalau ditanya suasana hati, sangat luar biasa. Saya bicara ke pemain untuk tetap sabar dan jangan terpancing emosi," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers usai laga.

Lebih lanjut, keberhasilan ini membuat Indra Sjafri merasa bersyukur. Menurut Indra, medali emas yang didapatkan berkat kerja sama dan kolaborasi banyak pihak, termasuk klub yang telah membina para pemain dengan baik.

"Pertama saya mengucapkan Alhamdulillah setelah 32 tahun tidak pernah mendapatkan medali emas, malam ini kami tuntaskan. Kami mengucapkan terima kasih ke klub di mana pemain berada. Klub adalah tempat pemain dibina," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri juga berterima kasih atas dukungan dari suporter dan masyarakat. Menurut Indra, itu merupakan tambahan energi untuk para pemain.

"Saya juga terima kasih ke Ketum PSSI (Erick Thohir), Wakil Ketua Umum dan Exco PSSI yang sudah memberikan tanggung jawab kepada saya dan Alhamdulillah tanggung jawab itu kami emban dengan baik."

"Terakhir kepada KONI, Menpora, KOI (NOC Indonesia) dan CdM Lexyndo Hakim yang sudah mengurus lapangan latihan. Ada tiga lapangan latihan yang kami pakai di sini," tutur pelatih asal Sumatra Barat itu.

Laporan Langsung Rizqi Ariandi dari Kamboja

Timnas Indonesia U-22 Indra sjafri Thailand Timnas Thailand SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.971

Bagikan