Thamrin Marzuki Mundur, Dukungan 28 Pengprov Taekwondo untuk Letjen TNI Richard Tampubolon Makin Solid

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 31 Agustus 2023
Thamrin Marzuki Mundur, Dukungan 28 Pengprov Taekwondo untuk Letjen TNI Richard Tampubolon Makin Solid
LETNAN Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon. (MP/Evan Andrew)

BolaSkor.com - Thamrin Marzuki mundur dari posisinya sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Taekwondo Indonesia (TI).

Thamrin mundur setelah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Marciano Norman di Kantor KONI, Jakarta, Kamis (31/8).

"Baru saja kita menyaksikan dan mendengarkan secara langsung Ketum Taekwondo Indonesia, Letjen Thamrin Marzuki menyatakan mengundurkan diri sebagai Ketum PBTI dan mengundurkan diri dalam pencalonan Ketua Umum," kata Marciano dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (31/8).

Taekwondo
Megawati Tamesti Maheswari (kiri) (NOC/Evan Andraws)

Dengan begitu, Thamrin juga tidak maju dalam Munas pemilihan calon Ketua Umum PBTI periode 2023-2027 di Hotel Aston Sentul Bogor, Jawa Barat, 4-5 September 2023.

"Pak Thamrin melihat, mengundurkan diri adalah salah satu pilihan terbaik menjaga kondusifitas dalam organisasi," ujar Marciano yang pernah menjadi Ketua PBTI ini.

"Beliau ini pernah menjadi Ketua Pengprov Taekwondo Sulawesi Tengah. Dia menjadi Waketum saya di PBTI. Dengan berbagai suka duka nya," tambahnya.

Dukungan Letjen TNI Richard Tampubolon dari 28 Pengprov Makin Solid

Sementara itu, dukungan 28 Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) kepada Letjen TNI Richard Tampubolon makin solid.

"Pak Richard Tampubolon itu mendapat dukungan penuh dari 28 Pengprov TI. Itu sudah menjadi fakta bahwa kehadiran Thamrin Marzuki tidak diinginkan untuk melanjutkan kepemimpinannya di periode kedua. Kami solid untuk menjadikan Pak RT Richard Tampubolon sebagai orang nomor satu di taekwondo Indonesia," Hengky Ricardo Pelaka, Ketua Pengprov TI Maluku.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Pengrov TI Riau Harrison Ginting."Ya, Pengprov TI Riau sudah sejak awal tidak menginginkan Thamrin Marzuki meneruskan kepemimpinannya. Dan, kami menganggap Pak RT (Red-Richard Tampubolon) figur yang tepat dan punya kemampuan membawa prestasi taekwondo Indonesia jauh lebih baik. Saya senang akhirnya Pengprov TI lain sudah menyadari dan berbalik memberikan dukungan kepada pak RT," tegas Harrison Ginting.

Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon. (MP/Evan Andrew)
Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon. (MP/Evan Andrew)

Baik Ricky maupun Harrison sama-sama memahami upaya pengganjalan sudah dilakukan dengan membentuk Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) yang sengaja dibentuk PBTI tanpa melibatkan Pengprov TI.

"Pembentukan TPP itu sudah menyalahi aturan organisasi karena tanpa ada unsur Pengprov TI sebagai pemilik sah suara. Yang lebih aneh lagi, PBTI menggelar Pra Munas di Jakarta, 7 Agustus 2023 dengan hanya melibatkan 6 Pengrov TI yang merupakan pendukungnya saja. Kita hanya dikirim undangan saja tapi seolah-olah kehadiran 6 Pengprov TI itu mewakili semua Pengrov TI," jelas Ricky.

Harrison Ginting menambahkan, ada alasan krusial masyarakat taekwondo Indonesia tidak menginginkan kehadiran Thamrin Marzuki. Yakni, tidak ada prestasi yang menggembirakan selama 4 tahun kepemimpinannya ditambah dengan kesalahan fatal tidak tampilnya atlet taekwondo Indonesia pada babak kualifikasi Olimpiade 2021 Tokyo karena masalah administrasi.

"Alasan krusial inilah yang menyatukan kita dalam satu visi dan misi menjadikan RT sebagai Ketua Umum PBTI periode 2023-2027. Saya sepakat dengan mantan Ketua Harian PBTI Zulkifli Tanjung yang menyebutkan kegagalan atlet Indonesia tampil di babak kualifikasi karena masalah administrasi itu kesalahan fatal. Sebagai Ketua Umum PBTI harusnya Pak Thamrin sudah mundur bukan malah melanjutkan kepemimpinanya," tegas Horrison.

Taekwondo indonesia Taekwondo Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.078

Bagikan