Piala Asia 2023

Termasuk Shayne Pattynama dan Sananta, STY Sebut Kans 6 Pemain Ini Tampil Lawan Australia Kecil

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 27 Januari 2024
Termasuk Shayne Pattynama dan Sananta, STY Sebut Kans 6 Pemain Ini Tampil Lawan Australia Kecil
Selebrasi gol Ramadhan Sananta dalam laga Timnas Indonesia U-23 Vs Taiwan. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Peluang enam pemain Timnas Indonesia, termasuk Shayne Pattynama dan Ramadhan Sananta, bermain menghadapi Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Minggu (28/1), hampir tertutup.

Sebab, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak akan mengubah komposisi skuadnya di pertandingan tersebut. Berdasarkan catatan, sampai Timnas Indonesia menyudahi babak penyisihan grup, sebanyak enam pemain sama sekali tidak mendapatkan kesempatan bermain.

Keenam pemain tersebut antara lain Muhammad Riyandi, Nadeo Argawinata, Shayne Pattynama, Edo Febriansyah, Dendy Sulistyawan, dan Ramadhan Sananta. Dua nama pertama sulit menggusur Ernando Ari Sutaryadi di bawah mistar.

Sementara itu, Edo kalah bersaing dengan Pratama Arhan, yang selalu diberikan kesempatan bermain di tiga pertandingan Grup D oleh Shin Tae-yong.

Sedangkan Shayne Pattynama sebetulnya difavoritkan mengisi sayap kiri Tim Merah-Putih, tetapi karena sempat meninggalkan tim karena urusan keluarga, posisinya diambil Arhan.

Baca Juga:

Shin Tae-yong Janjikan Penampilan Heroik Timnas Indonesia saat Melawan Australia

Australia Vs Timnas Indonesia, Bukan Pertarungan David Lawan Goliath

Mengenai Dendy, Shin Tae-yong tidak pernah menjelaskan situasi apa yang dialami pemain Bhayangkara FC itu sehingga kerap diparkir. Berbeda dengan Dendy, Sananta kerap terpinggirkan karena dianggap kondisinya tidak bugar.

"Meski kami membawa 26 pemain, akan tetapi pemain yang bisa bermain (di pertandingan) cuma 16 sampai 18 pemain. Saya rasa situasi ini juga dialami tim lain," kata Shin Tae-yong.

"Mayoritas tim menggunakan skuad dengan cara ini. Bagi pemain yang belum tampil sejauh ini, akan sulit bagi mereka untuk tampil melawan Australia," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

Keengganan Shin Tae-yong mengubah komposisi timnya juga tidak terlepas dari singkatnya waktu persiapan menghadapi Australia. Setelah memastikan lolos ke 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik pada Kamis (25/1), praktis Jordi Amat dan kawan-kawan hanya punya waktu dua hari untuk persiapan.

"Setelah menyelesaikan babak grup, kami tidak punya banyak waktu untuk persiapan," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Timnas Indonesia Timnas australia Ramadhan Sananta Shayne Pattynama Piala Asia Piala Asia 2023 Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.233

Bagikan