Piala Asia 2023

Terkesan dengan Cara Main Vietnam, Rafael Struick Sebut Timnas Indonesia Bisa Manfaatkan Keunggulan Postur Tubuh

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 18 Januari 2024
Terkesan dengan Cara Main Vietnam, Rafael Struick Sebut Timnas Indonesia Bisa Manfaatkan Keunggulan Postur Tubuh
Rafael Struick. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick, terkesan dengan penampilan Vietnam saat bertemu Jepang pada matchday kesatu Grup D Piala Asia 2023, Minggu (14/1).

Meski di laga itu Vietnam menelan kekalahan dengan skor 2-4, tetapi tim asuhan Philippe Troussier dinilai bermain cukup baik. Bahkan, Vietnam sempat unggul 2-1 sebelum Jepang membalikkan kedudukan.

"Ya, saya melihat pertandingan pertama mereka melawan Jepang. Saya terkesan dengan cara mereka bermain, mereka tim yang bagus," kata Rafael Struick.

Melalui video pertandingan kontra Jepang, Rafael Struick bisa menganalisis permainan Vietnam. Menurutnya, secara pola permainan, Vietnam punya kesamaan dengan Timnas Indonesia.

"Saya sudah melihat sejumlah video pertandingan mereka saat melawan Jepang, mereka memainkan pola bertahan seperti kami dengan lima defender. Mereka bermain cukup kompak satu sama lain," tuturnya.

Baca Juga:

Rekor Timnas Indonesia Lawan Vietnam Buruk, STY Tolak Lempar Handuk

Presiden Jokowi Bangga Timnas Indonesia Jadi Tim Termuda di Piala Asia 2023

Karena itu, Rafael Struick tak menganggap sebelah mata kekuatan Vietnam. Vietnam menjadi lawan Timnas Indonesia pada matchday kedua Grup A, Jumat (19/1). Laga itu dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

"Saya pikir mereka akan menyulitkan, tapi kami punya peluang memenangkan pertandingan," ujar pemain Ado den Haag tersebut.

Salah satu titik lemah Vietnam yang bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia adalah postur pemain. The Golden Star Warriors merupakan tim dengan skuad terpendek di Piala Asia 2023.

Rata-rata tinggi pemain Vietnam yang dikutip dari akun Twitter @theaseanfootball adalah 175,38 sentimeter (cm). Sementara itu, tinggi badan skuad Timnas Indonesia yakni 179,65 cm atau peringkat 11 dari 24 tim.

"Ya (pemain) mereka (rata-rata) lebih pendek, mungkin bisa jadi keunggulan (untuk kami). Kami bisa memainkan bola atas atau bawah," katanya.

Timnas Indonesia Timnas vietnam Rafael Struick Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan