Terakhir Kali Tim Non Eropa Jadi Pemenang di Piala Dunia Antarklub

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 22 Desember 2023
Terakhir Kali Tim Non Eropa Jadi Pemenang di Piala Dunia Antarklub
Corinthians juara Piala Dunia Antarklub 2012 (Twitter)

BolaSkor.com - Final Piala Dunia Antarklub 2023 akan segera dihelat di King Abdullah Sports City, Qatar, pada Sabtu (23/12) pukul 01.00 dini hari WIB. Juara bertahan Liga Champions, Manchester City, akan melawan Fluminense, juara bertahan Copa Libertadores.

Kedua tim sama-sama belum pernah memenangi Piala Dunia Antarklub. Fakta itu menambah keseruan pertandingan nanti, meski juga di kedua klub tersebut ada sosok-sosok yang pernah memenanginya seperti Pep Guardiola dan Marcelo.

Menjelang laga nanti Man City menjadi unggulan juara dengan kualitas yang mereka miliki, terlebih dengan status peraih treble winners. Selain itu juga, The Citizens merupakan perwakilan dari juara Liga Champions di Eropa.

Seyogyanya, klub-klub Eropa selalu diunggulkan memenangi Piala Dunia Antarklub. Tak terkecuali Man City. Hal itu dilandaskan fakta pemenang-pemenang edisi terdahulu Piala Dunia Antarklub merupakan klub Eropa.

Baca Juga:

Juventus Bergerak, Bidik 2 Gelandang Bertahan Premier League

Perburuan Gelar Serie A Musim Ini Hanya Jadi Milik Inter dan Juventus

Nostalgia - Ketika Omar Sivori Mencetak Setengah Lusin Gol di Derby d'Italia

Selebrasi gol Paulo Guerrero (Twitter)

Terakhir kali klub non Eropa menjadi juara terjadi pada 2012 di Jepang. Kala itu, Corinthians mengalahkan Chelsea arahan Rafael Benitez dengan skor 1-0 melalui gol Paulo Guerrero.

Semenjak saat itu, juara Piala Dunia Antarklub kembali didominasi klub-klub Eropa dengan pemenangnya seperti Bayern Munchen, Real Madrid (lima kali), Barcelona, Liverpool, Bayern Munchen, dan Chelsea.

Corinthians jadi satu dari dua klub non Eropa yang memenangi Piala Dunia Antarklub, selain Sao Paulo (2005) dan Internacional (2006). Corinthians bahkan jadi tim pertama yang memenangi edisi pertama Piala Dunia Antarklub pada 2000.

Jika Man City memenangi laga melawan Fluminense, maka mereka akan jadi tim pertama dari Inggris yang memenangi Piala Dunia Antarklub di percobaan pertama. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh Manchester United (2000), Liverpool (2005), dan Chelsea (2012).

Pelatih Man City, Pep Guardiola, juga dapat menjadi pelatih pertama yang memenangi empat Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya, Guardiola memenanginya pada 2009 dan 2011 (dengan Barcelona), serta bersama Bayern Munchen (2013).

Piala dunia antarklub Manchester City Fluminense
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan