Ten Hag Tidak Salah, Onana Kiper Terbaik Kedua Premier League Berdasarkan Statistik

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 02 Desember 2023
Ten Hag Tidak Salah, Onana Kiper Terbaik Kedua Premier League Berdasarkan Statistik
Andre Onana (Twitter)

BolaSkor.com - Penampilan Andre Onana menjadi sorotan setelah laga Liga Champions melawan Galatasaray. Di markas Galatasaray, Manchester United sempat unggul 3-1 sebelum akhirnya laga berakhir imbang 3-3.

Hasil itu membuat nasib Man United untuk lolos 16 besar Liga Champions tak lagi ditentukan oleh mereka sendiri. Pada laga terakhir, Man United harus menang atas Bayern Munchen di Old Trafford, tetapi juga berharap Copenhagen atau Galatasaray berakhir imbang.

Pada tiga gol yang diciptakan Galatasaray, khususnya dua gol pertama dari tendangan bebas Hakim Ziyech, Onana membuat blunder dalam membaca arah datangnya bola serta menepis bola dengan cara yang salah.

Erik ten Hag, pelatih Man United, kembali membela anak asuhnya yang juga mantan pemainnya di Ajax Amsterdam tersebut. Menurutnya, Onana punya statistik yang menjadikannya kiper terbaik kedua Premier League saat ini hingga wajar baginya bermain reguler.

Baca Juga:

Tak Punya Mentor, Beban Rasmus Hojlund Terlalu Berat di Manchester United

Jadi Target Manchester United, Serhou Guirassy Punya Klausul Pelepasan Hanya Rp296 Miliar

Man United Imbang Lawan Galatasaray, Bruno Fernandes Luapkan Rasa Frustrasi

"Jika Anda menganalisanya dengan baik, maka Anda akan melihat dia adalah kiper terbaik kedua di Premier League, berdasarkan statistik. Pertahanan gawangnya dari kebobolan gol yang diharapkan adalah yang terbaik kedua di Premier League," papar Ten Hag dikutip dari laman resmi Man United.

"Jadi ya, dia melakukannya dengan baik, tapi dia juga tahu bahwa, di Liga Champions, dia telah melakukan beberapa kesalahan. Tapi, secara keseluruhan, dalam lima bulan pertama, dia melakukannya dengan sangat baik."

"Anda juga mengetahuinya karena Anda telah melihat bagaimana dia bereaksi setelah penampilan buruknya, seperti yang dia lakukan setelah Munchen. Kemudian setelahnya, melawan Burnley, dia tampil luar biasa. Dia memiliki karakter yang kuat, berkepribadian dan dia akan menghadapinya," tegasnya.

Statistik apa yang dimaksud Ten Hag soal Onana? "Saya baru saja menjelaskan dia (ada di posisi) setelah Alisson. Pada saat ini, dia adalah penjaga gawang terbaik di liga dalam mencegah terjadinya gol yang diharapkan, jadi Anda layak bermain," imbuh Ten Hag.

Ten Hag tak sepenuhnya salah. Squawka melansir Onana berada di urutan dua kiper terbaik Premier League dari statistik mencegah gol, pada poin 3,68 di bawah kiper Luton Town, Thomas Kaminski (6,30).

Pun demikian untuk persentase penyelamatan terbaik di Premier League. Onana di urutan dua dengan 77,3 persen dan berada di bawah kiper Liverpool, Alisson Becker (81,5 persen).

Manchester United Premier League Liga Champions Andre Onana
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.195

Bagikan