Liga 1

Teco Berharap Implementasi VAR di Indonesia Tak Seperti Brasil

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 08 Desember 2023
Teco Berharap Implementasi VAR di Indonesia Tak Seperti Brasil
Ilustrasi VAR (twitter)

BolaSkor.com - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, gembira Video Assistant Referee (VAR) segera hadir di Liga 1 2023/2024. Situasi sulit yang terjadi di Serie A Brasil diharapkan tak terulang lagi.

Teco, sapaan akrabnya, sudah lebih dahulu mendapat banyak informasi mengenai VAR. Alat ini sudah dipakai di Brasil yang merupakan negara asal Teco.

Teco berbicara bahwa ada banyak kasus ketika wasit sangat lama mengambil keputusan. Teco tak ingin hal seperti itu juga terjadi di Liga 1 ketika sudah ada VAR.

"Semua tergantung nanti siapa yang lihat VAR, siapa nanti yang punya keputusan di dalam VAR. Mudah-mudahan ketika sudah terjadi, liga Indonesia bisa menjadi lebih bagus," ujar Teco.

Baca Juga:

Debut Empat Nama Baru Persis Solo Tertunda, Tunggu Duel Lawan Arema FC

Sho Yamamoto Jadi Kunci Medina Bertahan di Persis Solo

"Di Brasil, kadang-kadang keputusannya lama sekali, bisa delapan sampai sembilan menit buat wasit punya keputusan. Saya pikir ini sangat buruk buat pemain untuk menunggu waktu yang lama," imbuh Teco.

PSSI benar-benar menyiapkan perangkat pertandingan untuk siap memegang VAR. Saat ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah berinvestasi Rp100 Miliar untuk membeli 15 alat VAR.

Ada tiga alat yang kemungkinan tak pindah dari Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Manahan dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Sementara 12 alat lain akan berputar sesuai jadwal.

"Mudah-mudahan di Indonesia orang-orangnya sudah dilatih, ya harus latihan sebelumnya agar tidak ada buang-buang waktu saat permainan," tegas Teco.

Ada tiga wasit Indonesia yang sudah terlibat langsung dalam proses keputusan VAR di Piala Dunia U-17 2023. Ketiga wasit itu adalah Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri dan Yudi Nurcahya.

VAR Training tahap kedua digelar di Jakarta pada 4-19 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti 18 wasit, 36 asisten wasit dan 16 replay operator. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Bali United Stefano Cugurra Stefano Cugurra Teco Liga 1 Breaking News VAR
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan