Timnas Indonesia U-20

TC Qatar Rampung, Timnas Indonesia U-20 Lanjutkan Program di Jakarta

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 29 Desember 2023
TC Qatar Rampung, Timnas Indonesia U-20 Lanjutkan Program di Jakarta
Momen pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Qatar. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-20 mengakhiri pemusatan latihan atau training camp (TC) di Doha, Qatar, pada Kamis (28/12). Setelah ini, TC akan dilanjutkan di Jakarta selama satu bulan.

TC yang berlangsung sejak Sabtu (23/12) ini digelar sebagai persiapan awal untuk membentuk tim yang akan menghadapi dua agenda penting pada tahun 2024, yakni Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Karena itu, sejak hari pertama TC, Indra Sjafri dan staf kepelatihannya memanfaatkan dengan baik fasilitas di Aspire Academy, untuk mendapatkan informasi akurat mengenai kondisi para pemainnya.

Nantinya, dari 26 pemain yang dipanggil pada TC tahap pertama ini, Indra Sjafri akan melakukan sistem degradasi dan promosi, termasuk memberikan kesempatan kepada para pemain diaspora, baik yang sebelumnya sudah bermain di Timnas Indonesia U-17 seperti Amar Brkic dan Welber Jardim, atau nama-nama lain yang belum terpantau.

"Alhamdulillah dari lima hari latihan yang kita lakukan, kita semakin bisa mencari atau men-scouting pemain-pemain yang ikut dalam seleksi ini sebanyak 26 orang. Dari hari ke hari semua pelatih bekerja keras mengumpulkan data-data tes mereka, dan akan kami akhiri (TC) di sini dengan internal game yang akan kami lihat nanti kemampuan mereka dalam bermain. Tapi bukan itu saja yang menjadi barometer kami, tes-tes lain yang sudah kami lakukan akan kami jadikan pertimbangan," kata Indra Sjafri.

Baca Juga:

Timnas U-20 Digembleng Latihan Berat di Qatar, Iqbal Gwijangge: Sedikit Sakit

Kisah Perayaan Natal Dua Penggawa Timnas Indonesia U-20 di Qatar

Setelah merampungkan TC di Qatar, skuad Timnas Indonesia U-20 akan kembali ke Tanah Air. Mereka bakal melanjutkan persiapan selama satu bulan ke depan di Jakarta.

"Nanti TC ini kami lanjutkan di Jakarta dari tanggal 30 Desember 2023 sampai 28 Januari 2024. Selama masa itu, kami merencanakan dua hingga tiga kali uji coba dengan tim luar negeri yang kami hadirkan di Jakarta. Saat ini masih dalam penjajakan, mudah-mudahan apa yang kita rencanakan semua bisa terwujud," tutur Indra Sjafri.

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri. (PSSI)

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia U-20, Kadek Arel, merasakan manfaat yang sangat baik dari TC di Doha selama satu pekan ini. Dia pun menyebut bahwa chemistry antarpemain makin terbangun dan itu jadi modal yang sangat baik untuk menghadapi Piala AFF U-19 serta Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 pada tahun depan.

"Tentu saya dan teman-teman juga punya target untuk (lolos ke) Piala Dunia U-20 2025. Itu adalah target utama kita, tapi sebelum itu di 2024 kita punya banyak event (yaitu Piala AFF U-19 dan Kualifikasi Piala Asia U-20), di mana di sana tentu targetnya kita bisa menargetkan yang terbaik dan bisa menjadi juara. Sehingga kita di sini berlatih di Qatar dan nanti lanjut di Jakarta semoga diberikan hasil yang terbaik," ucap Kadek Arel.

Timnas indonesia u-20 Tc timnas Indra sjafri Kadek Arel Priyatna Piala aff u-19 Kualifikasi Piala Asia u-20 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.319

Bagikan