TBA Cup 2023, Ajang Pebasket Usia Dini Berkompetisi sekaligus Belajar Sportivitas  

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 21 Agustus 2023
TBA Cup 2023, Ajang Pebasket Usia Dini Berkompetisi sekaligus Belajar Sportivitas  

Bolaskor.com - Taman Mangu Indah kembali mencetak sejarah. Kali ini, perumahan yang berbasis di wilayah Pondok Aren ini menggelar kompetisi basket anak usia dini.

TBA CUP 2023 digelar dengan diikuti delapan akademi / klub basket terbaik di wilayah Tangerang dan Jakarta. Sejumlah klub mengirimkan tim-tim terbaiknya untuk mengikuti sejumlah kategori. Yakni KU - 9 Mixed, KU-11, KU 13 putra dan KU 15 putra. Sebut saja TBA, Immortal, Mountainners, Eagles Academy, Brothers, Exotic, The Bees dan Baliku.

Pertandingan berlangsung di lapangan basket RW 06 Taman Mangu Indah yang kebetulan dikelola oleh komunitas olah raga, Dgreenfield.

Dibuka langsung Lurah Pondok Aren, Romi Amirudin, mayoritas peserta dan orang tua murid antusias untuk berebut menjadi posisi yang terbaik.

Ketua Panitia TBA CUP, Servasius Joseph Kanugrahan menuturkan, kompetisi basket ini berlangsung selama Sabtu-Minggu. Yakni 19-20, 26-27 Agustus dan 2 September.

"Kami sengaja membuat jadwal pertandingan di akhir pekan karena waktu libur anak sekolah. Sehingga banyak orang yang ingin ikut menonton juga," kata Kanugrahan di Pondok Aren.

Menurut pria yang akrab disapa Kano ini, kompetisi TBA CUP 2023 menggunakan format satu pool untuk setiap katagori kelompok umur.

"Satu pool diisi empat tim yang saling bertemu. Nanti untuk menentukan juaranya menggunakan sistem poin terbanyak," jelas Kano.

Mengusung tema Fun, Sportivity and Friendship. Kebetulan, diadakan saat ulang tahun akademi basket itu.

"Tujuan utamanya bukan untuk bersaing. Tapi sebagai wadah anak-anak untuk belajar basket yang baik lewat kompetisi," tambah dia.

Kano berujar, kompetisi basket usia dini yang digelar Akademi Basket TBA, Dgreenfiel ini mendapatkan dukungan penuh unsur pemerintah setempat. Seperti RW 06 Taman Mangu Indah dan Kelurahan Pondok Aren.

"Dukungan warga Taman Mangu terhadap kegiatan warganya sangat baik," jelas Kano.

Kano mengklaim, turnamen basket ini merupakan yang pertama diadakan di level lapangan basket tingkat RW yang jadi percontohan di wilayah Tangsel itu.

"Lapangan Basket Taman Mangu ini memang legend. Karena dijadikan rujukan untuk peningkatan prestasi olah raga anak usia dini," tutur Kano yang aktif di bidang pengembangan bola basket ini.

Ia lantas mengapresiasi sejumlah pihak yang mendukung kegiatan ini. Sebut saja sejumlah sponsor hingga orang tua murid TBA sendiri.

"Kami harapkan kompetisi ini bisa berjalan kontinu dan berlangsung rutin. Agar anak-anak ini ada wadah untuk saling mengembangkan bakat minatnya,"tutur Kano.

Sementara itu, Ketua RW 06 Taman Mangu Indah Hanief Arief meyakini, kegiatan ini akan memicu dampak positif untuk lingkungannya. Selain citra Taman Mangu yang naik, potensi adanya pertumbuhan ekonomi juga bisa terjadi.

"Kegiatan ini positif sekali. Dampaknya pun dirasakan langsung oleh warga yang dampak ekonominya ikut terangkat. Saya harap kegiatan ini bisa berlangsung rutin," harap Hanief.

Breaking News Basket
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan