Formula 1

Tak Sedap Dipandang, Livery Baru Tim 2024 Seperti Sampah

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 13 Februari 2024
Tak Sedap Dipandang, Livery Baru Tim 2024 Seperti Sampah

BolaSkor.com - Peluncuran livery baru beberapa tim Formula 1 tidak sepenuhnya disambut positif. Nyatanya justru banyak yang melontarkan kritikan pedas.
Salah satunya diungkapkan oleh komentator legendaris Formula 1, Martin Brundle. Pria berumur 64 tahun itu mengatakan livery baru yang diperkenalkan oleh beberapa tim sangat jelek.
Brundle menjelaskan, hal ini tidak terlepas dari maraknya penggunaan bahan carbon demi memangkas bobot mobil. Alhasil kombinasi warna yang ditampilkan sangat monoton, yakni dominasi hitam dan sedikit sentuhan warna khas tim tersebut.
Pria kelahiran 1959 ini memang tidak menyebutkan secara rinci tim mana saja yang memiliki livery buruk. Namun dari beberapa peluncuran tim yang dilakukan, diperkirakan Brundle mengkritik livery Alpine, Sauber, Williams, dan Haas.
Brundle lantas membandingkannya dengan desain livery Aston Martin. Tim yang baru saja meluncurkan skuad musim 2024 pada Senin (12/2) ini dinilai mampu menciptakan livery yang indah dipandang mata.
"Aston Martin terlihat sangat berkelas. Tim ini seharusnya diberi hadiah dengan memperbolehkan berat karena livery yang sempurna, di mana ini akan terlihat menonjol di lintasan dari sudut pandang penonton," kata Brundle.
Hal senada juga diungkapkan oleh mantan pembalap Formula 1, Karun Chandhok. Pria asal India ini menilai livery beberapa tim musim 2024 ini terlihat buruk.
"Mobil dengan karbon hitam ini terlihat seperti sampah. Bandingkan dengan dua mobil tercepat (Red Bull dan Ferrari) yang dicat menggunakan biru dan merah," terang Chandhok.
"Jelas saya memahami keuntungan dari hal ini (penggunaan karbon). Namun ini menunjukkan bahwa jika kamu bisa menghasilkan desain yang benar, maka alam terlihat bagus!" imbuhnya.
Penulis: Bintang Rahmat
F1
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.263

Bagikan