Tak Gunakan Produk Asing, Wasit Liga 1 2020 Akan Digembleng di Kostrad TNI

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 05 Februari 2020
Tak Gunakan Produk Asing, Wasit Liga 1 2020 Akan Digembleng di Kostrad TNI
Ketua Komite Wasit, Sonhadji. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com – Ketua Komite Wasit, Sonhadji, mengaku akan memberikan workshop kepada wasit dan melakukan pembinaan wasit di Kesatuan Kostrad TNI. Hal ini dilakukan untuk penyegaran kepada wasit agar bisa memimpin pertandingan lebih baik lagi.

Selain itu, Sonhadji memastikan untuk Liga 1 2020 PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak akan menggunakan wasit asing dan akan menggunakan wasit lokal. Ini dikarenakan terkait biaya yang akan dikeluarkan ketika menggunakan wasit asing.

“Terkait dengan wasit, musim lalu banyak permasalahan wasit, kontroversi dan masih banyak lainnya. Kejadian yang kurang baik jadi evaluasi kita dan nanti kita adakan workshop untuk para wasit yang akan memimpin Liga 1 2020 nanti,” kata Sonhadji.

Baca Juga:

Liga 2 2020 Kick Off Tanggal 13 Maret

Sponsor Utama dan Hak Siar Liga 1 2020 Masih Sama

“Untuk masalah wasit, kemungkinan kita akan menggunakan wasit kita dan tidak menggunakan wasit asing. Kalau kita menggunakan wasit luar bukan sedikit anggaran yang keluar akan banyak dana yang keluar,” tambahnya.

Sebelumnya, Sonhadji mengatakan pada Liga 1 2019 lalu ada 28 wasit yang bertugas. Namun karena ada masalah, ada dua wasit yang turun kasta ke Liga 2 dan nantinya ada wasit yang promosi.

"Pada saat workshop nanti ada 26 wasit, karena dua wasit ada masalah dan harus turun ke Liga 2. Tapi nanti ada wasit Liga 2 ada yang promosi. 15 wasit Liga 2 yang akan kita seleksi dulu untuk menentukan dua wasit,” ucap Sonhadji.

“Setelah itu nanti akan ada pembekalan dari, FIFA, AFC, dan instruktur lokal kita sharing lalu akan ada fitnes tes semua itu akan dilakukan di kesatuan Kostrad TNI,” pungkas pria yang berpangkat sebagai Mayor Jendral TNI ini.

Komite Wasit Liga 1
Posts

4.871

Bagikan