Tak Ada Anak Emas di SEA Games Kamboja 2023

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 20 Mei 2023
Tak Ada Anak Emas di SEA Games Kamboja 2023

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga memberikan tanggapan usai munculnya anggapan cabang olahraga sepak bola yang dianakemaskan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam pawai SEA Games 2023, Jum'at (19/5).

Saat menggelar pawai bertajuk 'Kirab Juara', ada perbedaan mencolok antara tim U-22 Indonesia dengan cabor lainnya. Salah satu perbedaannya yaitu Tim U-22 Indonesia yang melakukan pawai kemenangan menggunakan kendaraan bus TransJakarta dengan atap terbuka. Itu berbeda dengan atlet lainnya yang hanya difasilitasi bus berukuran lebih kecil dan tidak beratap terbuka.

Atlet renang I Gede Siman Sudartawa mengungkapkan kekecewaannya. Kepada wartawan, peraih medali emas nomor 50 meter gaya punggung putra SEA Games 2023 ini mengatakan cabor sepak bola seperti mendapat porsi lebih spesial.

Hal itu yang membuat cabor sepak bola dianggap spesial atau dianakemaskan, dibandingkan dengan cabor lain yang juga turut menyumbang medali emas bagi Merah Putih. Siman akhirnya memutuskan meninggalkan pawai lebih awal.

Menanggapi hal itu, Arya Sinulingga mengatakan kegiatan pawai kemenangan yang diadakan untuk peraih prestasi SEA Games 2023 itu memang berawal dari inisiatif PSSI yang akhirnya berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kan kolaborasi dengan Kemenpora. Jadi semua cabor ikut. Memang betul PSSI yang mendorong maju (menggelar pawaii kemenangan), tapi kita mengajak Kemenpora Mas Dito (Menpora, Dito Ariotedjo)," ujar Arya, Jum'at (19/5).

"Jadi Ketum PSSI Erick Thohir mengajak Mas Dito untuk sama-sama maju merayakan kemenangan SEA Games juga. Tak hanya bola tapi semua cabor yang mengikuti SEA Games. Karena SEA Games kan berkontribusi terhadap Indonesia gitu ya. Kita tahu kita sampai 87 emas, ya jadi semua cabor punya kontribusi," lanjutnya

Arya menambahkan bahwa semua pilihan pihaknya serahkan kepada cabor-cabor bersangkutan. "Itu kami serahkan ke masing-masing cabor karena yang penting kami mau mengajak semua berkolaborasi. Kita kan keluarga semua. Jangan cuma kami yang merayakan tapi kita mau ingin juga mereka sama-sama, makanya kami ajak sama-sama," kata Arya.

Breaking News SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan