Tahun Emas Bayern MuenchenKaleidoskop Liga Jerman 2013

BolaSkorBolaSkor - Selasa, 31 Desember 2013
Tahun Emas Bayern Muenchen<!--idunk-->Kaleidoskop Liga Jerman 2013
Tahun Emas Bayern MuenchenKaleidoskop Liga Jerman 2013

Jakarta - Perkembangan sepak bola Jerman memang menjadi sorotan tersendiri, beberapa musim terakhir Bundesliga berkembang pesat hingga mengalahkan Serie A Italia di ranking UEFA. Keberhasilan ini tidak lepas dari permainan apik klub-klub Jerman di kompetisi Liga Champions dan Eropa League.

Dominasi sepak bola Jerman di pentas Eropa mencapai puncaknya ketika mempertemukan Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di Final Liga Champions 2012/13 Musim lalu. Keduanya merupakan tim perwakilan dari liga Jerman.

Dalam setiap pertandingan, jumlah penonton di Bundesliga merupakan yang terbaik dibanding liga manapun di Eropa. Stadion-stadion di Bundesliga yang menampung rata-rata 40 ribu penonton selalu di dipenuhi. Tidak perduli penampilan tim yang mereka dukung, entah itu baik atau buruk, para supporter tetap datang ke stadion.

Bundesliga 2013-2014 diikuti oleh 18 klub yang berkompetisi menjadi tim terbaik selama satu musim. Masing-masing akan menjalani 34 pertandingan dalam setiap musimnya. Berikut rangkuman Bundesliga selama tahun 2013.

Memasuki Januari 2013, kompetisi Bundesliga telah berjalan setengah musim (2012/13), Bayern Muenchen semakin mantap memimpin di puncak klasemen Bundesliga. Bayern begitu tampil superior di liga lokal Jerman. Mereka sudah memastikan gelar juara pada 27 April 2013. Kemenangan 1-0 atas SC Freiburg memastikan gelar Liga Jerman Bayern yang ke-23. Hebatnya, hal ini sudah dipastikan di pekan ke-28 saat masih tersisa 6 pertandingan. Ini jadi rekor baru di Bundesliga.

Meski sudah memastikan gelar, Bayern tetap menunjukkan kekuatannya hingga akhir musim. Der Bavarian mengakhiri musim dengan 91 poin dari 24 pertandingan. Mereka unggul 25 poin atas Borussia Dortmund yang menempati peringkat 2. Ini juga menjadi rekor di Bundesliga.

Bayern juga tampil gemilang di Liga Champions. Mereka memastikan gelar setelah menundukkan Borussia Dortmund 2-1 dalam partai final di Wembley, 25 Mei 2013. Ini menjadi gelar Liga Champions kelima untuk raksasa Bavaria, setelah kali terakhir merebutnya pada 2001.

Perjalanan Bayern menuju juara Liga Champions memang begitu istimewa. Die Roten melewati hadangan tim-tim tangguh dari mulai Arsenal, Juventus, dan Barcelona. Yang paling diingat tentu saja saat menundukkan Barca dengan agregat mencolok, 7-0 di babak semifinal. Lahm dkk menghajar Los Alzugranas 4-0 di Allianz Arena, lalu menang 3-0 saat berlaga di Camp Nou.heinkes

Raihan di musim 2012-13 membuat Bayern mencatat sejarah menjadi tim Jerman pertama meraih treble winners. Mereka tercatat sebagai tim ketujuh yang meraih treble. Enam tim sebelumnya adalah Glasgow Celtic (1967), Ajax Amsterdam (1972), PSV Eindhoven (1988), Manchester United (1999), Barcelona (2009), and Inter Milan (2010).

Tak hanya itu, Bayern juga mendapatkan dua penggawa berkualitas, Jan Kirchhoff dan Pep Guardiola. Keduanya digaet secara gratis. Kembalinya Guardiola menangani sebuah klub disambut antusias banyak tokoh sepakbola dunia. Klub lama Pep Guardiola, Barcelona juga mendukung keputusan pelatih asal Spanyol itu berlabuh ke Bayern Muenchen.

Sukses Bayern menjuarai Bundesliga dan Liga Champions berbuah manis bagi raksasa Jerman tersebut. Keberhasilan ini membuat Bayern berhasil menggeser posisi Manchester United, sebagai brand sepakbola paling bernilai di dunia saat ini.

SahinSeperti dilansir Brand Finance, tingkat kekayaan Der Bavarian mencapai angka 570 juta poundsterling. Sementara, dua raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid dan Barcelona FC menempati posisi tiga dan empat, diikuti oleh Chelsea, Arsenal, Liverpool dan Manchester City di peringkat berikutnya.

Borussia Dortmund boleh saja mulai merasa putus asa mengejar Bayern Muenchen di puncak klasemen. Tetapi mereka tak pernah putus asa untuk memulangkan kembali gelandang mereka, Nuri Sahin.

Dortmund berhasil menggaet kembali Sahin dengan kontrak pinjaman dari Real Madrid hingga akhir musim 2013-14. Bersama dengan Dortmund, Sahin sudah pernah memenangkan gelar Bundesliga dan terpilih sebagai pemain terbaik di liga Jerman itu pada tahun 2011.

Bayern Raih Treble Winners, Heynckes Pensiun Guardiola Datang

Kesuksesan Bayern di musim 2012-13 terus berlanjut dengan menjuarai DFB-Pokal, Minggu (02/6/13). Dengan demikian Bayern sukses menutup musim 2012-13 dengan raihan tiga gelar. Trofi penutup musim Bayern dipastikan setelah berhasil menang tipis 3-2 melawan Stuttgart. Di saat yang hampir bersamaan, Jupp Heynckes memutuskan untuk pensiun dari dunia kepelatihan. Bayern sendiri sudah menunjuk Guardiola untuk menggantikan Heynckes.

Der Bavarian juga sukses mengikat dua pemain bintangnya, Franck Ribery dan Daniel Van Buyten. Jika Ribery bakal terikat kontrak hingga tahun 2017, maka Van Buyten mendapat perpanjangan kontrak selama setahun.

Pep-GuardiolaKedatangan Josep Guardiola mendapat sambutan meriah dari sekitar 25 ribu fans yang menyaksikan latihan perdana Bayern di bawah arahan Guardiola. Sambutan meriah fans juga tak disia-siakan Guardiola yang meraih kemenangan telak 15-1 pada laga persahabatan menghadapi klub bentukan fans lokal.

Berlabuh di Bayern, tak lupa Guardiola mengajak serta 4 staff pelatih yang menemaninya semasa di Barcelona. Pelatih fitnes, Lorenzo Buenaventura dan pemandu bakat Carles Planchart adalah asisten yang diboyong Guardiola ke Allianz Arena. Sedangkan dua nama lainnya adalah Manel Estiarte dan Dominic Torrent.

Gol Siluman Stefan Kiessling dan denda Aubameyang

Phantom goal  Bayer LeverkusenKontroversi besar muncul dalam salah satu pertandingan Bundesliga pekan kesembilan (18/09/13). Dalam laga antara Hoffenheim melawan Bayer Leverkusen, gol Stefan Kiessling yang melebar dan masuk lewat lubang di jala samping gawang justru disahkan oleh wasit Felix Brych.

Bintang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang, dilarang mengemudi selama sebulan setelah melanggar batas kecepatan di zona terlarang. Selain itu, Aubameyang juga dikenakan denda 200 euro setelah mobil Porsche Cayennenya kedapatan menorehkan catatan waktu 74 km/jam di zona 30 di Dortmund.

Di bulan Oktober juga ada berita tentang komitmen Juergen Klopp untuk tetap bertahan di Borussia Dortmund. Bahkan demi bertahan di Dortmund, Klopp rela menolak tawaran dari dua klub elit Inggris yang dipercaya adalah Chelsea dan Manchester City.

November, Bayern Muenchen Pecahkan Rekor 30 Tahun dan Pesta Gol di laga Der Klassiker

Kemenangan Bayern Munich atas Augsburg di lanjutan Bundeslia, Sabtu (9/11) bukan hanya bernilai tiga poin. Lebih dari itu, Die Roten kini memecahkan rekor yang telah bertahan selama 30 tahun. Kemenangan dengan skor 3-0 atas Augsburg menjadikan Der Bavarian kini mencatat rekor tak terkalahkan selama 37 pertandingan di Bundesliga.

Kekalahan terakhir anak asuh Pep Guardiola ini terjadi lebih dari setahun yang lalu, tepatnya pada Oktober 2012 atas Bayern Leverkusen. Catatan ini mengalahkan rekor Hamburg yang tak terkalahkan dalam 36 pertandingan yang telah bertahan sejak Januari 1983.

Stadion Signal Iduna Park menjadi saksi pesta gol Bayern Muenchen dalam laga akbar Der Klassiker menghadapi Borussia Dortmund (24/11). Pasukan Die Bayern menghajar tim tuan rumah dengan tiga gol tanpa balas yang dicetak Mario Goetze, Arjen Robben, dan Thomas Mueller.

Penyerang Bayer Leverkusen, Son Heung-Min, mencatat sejarah usai ia mencetak hat-trick ke gawang Hamburg SV di pekan lanjutan Bundesliga Minggu (10/11). Ia pun menjadi pemain asal Korea Selatan pertama sepanjang sejarah yang mampu mencetak trigol di kompetisi level top Eropa.

Desember, Bayern raih Piala Dunia Antar Klub, Dortmund Berbenah diri

Melanjutkan sukses di kompetisi lokal, Bayern menjadi klub Jerman pertama yang menjuarai Piala Dunia Antar Klub setelah menaklukkan Raja Casablanca dengan skor 2-0 di laga final.FC Bayern Munchen v Raja Casablanca - FIFA Club World Cup Final

Juergen Klopp bertekad akan memanfaatkan istirahat paruh musim  untuk membuat timnya tampil lebih baik di awal tahun 2014. Saat ini Borussia Dortmund ada di peringkat empat klasemen sementara, menyusul performa buruk mereka yang hanya mampu menang satu kali di enam laga terakhir.

Selain itu tim juga mencatatkan rekor buruk dengan kalah selama tiga kali secara beruntun di laga kandang yang mereka jalani di musim ini, untuk pertama kali dalam 13 tahun.

Transfer Pemain: Bulan Febuari, penyerang Bayern Muenchen, Mario Gomez, hijrah ke Italia untuk memperkuat tim Serie A, Fiorentina, di akhir musim 2012-13. Kepindahannya tak lepas dari rumor jika Striker Dortmund, Robert Lewandowski akan menggeser posisinya di Bayern Muenchen.

goetzeDante berlabuh ke Bayern dengan hargta transfer 4.7 juta Euro dari Gladbach. 26 Juni 2012, Mandzukic menandatangani kontrak dengan klub Die Bayern dengan biaya transfer sebesar 13 juta Euro, disusul Thiago dengan biaya transfer sebesar 25 juta Euro.

Pada tanggal 29 Agustus 2012, Bayern Muenchen mendatangkan Martinez dari Athletic Bilbao dengan biaya 40 juta Euro. Tidak puas dengan susunan pemain, Der Bavarian kembali mendatangkan gelandang Dortmund, Mario Goetze, dengan nilai transfer 37 juta Euro.

Berikut adalah daftar transfer pemain di tahun 2013, seperti dilansir situs resmi Bundesliga:

Bayern Muenchen:Thiago Alcantara Pemain masuk: 1. Thiago Alcantara (FC Barcelona) 2. Jan Kirchhoff (FSV Mainz 05) 3. Mario Goetze (Borussia Dortmund 4. Mitchell Weiser (FC Kaiserslautern)

Pemain keluar: 1. Luiz Gustavo (VfL Wolfsburg) 2. Emre Can (Bayer Leverkusen) 3. Mario Gomez (Fiorentina, Serie A Italia) 4. Anatoliy Tymoshchuk (Zenit St. Petersburg) 5. Nils Petersen (Werder Bremen) 6. Maximilian Riedmller (released)

Borussia Dortmund:Henrikh Mkhitaryan Pemain masuk: 1. Henrikh Mkhitaryan (FC Shakhtar Donetsk) 2. Pierre-Emerick Aubameyang (St. Etienne) 3. Sokratis Papastathopoulos (Werder Bremen) 4. Hendrik Bonmann (RW Essen) 5. Lasse Sobiech (SpVgg Greuther Frth)

Pemain keluar: 1. Marvin Bakalorz (Eintracht Frankfurt) 2. Lasse Sobiech (Hamburger SV) 3. Leonardo Bittencourt (Hannover 96) 4. Moritz Leitner (Stuttgart, Loan) 5. Julian Koch (Mainz 05) 6. Daniel Ginczek (1. FC Nuremberg) 7. Felipe Santana (FC Schalke 04) 8. Mario Goetze (FC Bayern Muenchen) 9. Marvin Bakalorz (released)

Bayer Leverkusen: Pemain masuk: 1. Joel Pohjanpalo (HJK Helsinki) 2. Eren Derdiyok (1899 Hoffenheim, on loan) 3. Emre Can (FC Bayern Muenchen) 4. Roberto Hilbert (Besiktas JK) 5. Emir Spahic (Sevilla FC) 6. Giulio Donati (Inter Milan) 7. Robbie Kruse (Fortuna Dsseldorf) 8. Heung Min Son (Hamburger SV) 9. Andres Palop (Sevilla) 10. Konstantinos Stafylidis (PAOK FC) 11. Carlinhos (Jahn Regensburg, loan return)

Pemain keluar: 1. Joel Pohjanpalo (VfF Aalen) 2. Karim Bellarabi (Eintracht Frankfurt, on loan) 3. Andre Schuerrle (Chelsea FC) 4. Michal Kadlec (Fenerbache SK) 5. Daniel Carvajal (Real Madrid CF) 6. Christoph Kramer (Borussia Moenchengladbach, loan) 7. Hajime Hosogai (Hertha Berlin) 8. Daniel Schwaab (VfB Stuttgart) 9. Manuel Friedrich (Dortmund)

Borussia Moenchengladbach: Pemain masuk: 1. Raffael (FC Dynamo Kyiv) 2. Christoph Kramer (Bayer 04 Leverkusen, loan) 3. Max Kruse (SC Freiburg) 4. Matthias Zimmermann (Greuther Frth, loan return) 5. Elias Kachunga (Hertha BSC Berlin, loan return)

Pemain Keluar: 1. Matthias Zimmermann (SV Sandhausen, loan) 2. Igor de Camargo (1899 Hoffenheim, loan) 3. Mike Hanke (SC Freiburg) 4. Mathew Leckie (FSV Frankfurt, loan) 5. Niklas Dams (released) 6. Tolga Cigerci (VfL Wolfsburg, loan return) 7. Alexander Ring (HJK Helsinki, loan return)

Werder Bremen: Pemain masuk: 1. Santiago Garcia (Rangers de Talca) 2. Franco Di Santo (Wigan Athletic) 3. Luca Caldirola (Inter Milan) 4. Florian Grillitsch (St. Plten) 5. Cedrick Makiadi (SC Freiburg) 6. Nils Petersen (FC Bayern Muenchen, loan) 7. Denni Avdic (FC Zwolle, loan return) 8. Franco di Santo (Wigan Athletic FC)

Pemain keluar: 1. Florian Harthertz (SC Paderborn) 2. Johannes Wurtz (SC Paderborn) 3. Marko Arnautovic (Stoke City FC) 4. Denni Avdic (AZ Alkmaar) 5. Sokratis Papastathopoulos (Borussia Dortmund) 6. Kevin De Bruyne (Chelsea FC, loan return)

FC Schalke 04: Pemain masuk: 1. Leon Goretzka (VfL Bochum 1848) 2. Adam Szalai (1. FSV Mainz 05) 3. Christian Clemens (1. FC Kln) 4. Felipe Santana (Borussia Dortmund) 5. Tim Hoogland (VfB Stuttgart, loan return) 6. Kevin-Prince Boateng (AC Milan)

Pemain keluar: 1. Tranquillo Barnetta (Eintracht Frankfurt) 2. Jose Manuel Jurado (FC Spartak Moskva) 3. Christoph Moritz (1. FSV Mainz 05), 4. Ibrahim Afellay (FC Barcelona, loan return)

Hertha Berlin: Pemain masuk: 1. Tolga Cigerci (VfL Wolfsburg), 2. Alexander Baumjohann (FC Kaiserslautern) 3. Hajime Hosogai (Bayer Leverkusen) 4. Sebastian Langkamp (FC Augsburg)

Pemain keluar: 1. Pierre-Michel Lasogga (Hamburger SV) 2. Felix Bastians (VfL Bochum)3. Alfredo Morales (FC Ingolstadt)

Top skor Bundesliga 2013:Adrian Ramos

Peringkat                                                        Klub                                    Gol 1. Robert Lewandowski                        Borussia Dortmund                 11 2. Adrian Ramos                                    Hertha BSC                               11 3. Mario Mandžuki?                              Bayern Muenchen                  10 4. Pierre-Emerick Aubameyang         Borussia Dortmund                  9 5. Vedad Ibiševi?                                   VfB Stuttgart                              9 6. Pierre-Michel Lasogga                     Bayer Leverkusen                     9 7. Stefan Kiessling                                 Bayern Munich                          9 8. Raffael                                                 B. Mönchengladbach               9 9. Roberto Firmino                               Hoffenheim                                8 10. Max Kruse                                        B. Mönchengladbach               8   Top asist Bundesliga 2013:Riberry Peringkat                                             Klub                                        Asist 1. Max Kruse                           B. Mönchengladbach                         8 2. Franck Ribéry                     Bayern Muenchen                              7 3. Gonzalo Castro                   Bayer Leverkusen                               6 4. Roberto Firmino                Hoffenheim                                          6 5. Alexandru Maxim              VfB Stuttgart                                        6 6. Thomas Mueller                Bayern Muenchen                               6   Daftar pelatih dipecat sepanjang tahun 2013: Pelatih                                               Klub                      Tanggal pemecatan 1. Bruno Labbadia                            VfB Stuttgart                           26  Agustus       2013 2. Thorsten Fink                               Hamburger SV                        17  September  2013 3. Michael Wiesinger                       FC Nuernberg                          7  Oktober        2013 4. Mirko Slomka                               Hannover 96                             27  Desember   2013   Daftar pelatih bergabung sepanjang tahun 2013: Pelatih                                             Klub                       Tanggal Bergabung 1. Robin Dutt                                      Werder Bremen                       27  Mei 2013 2. Pep Guardiola                                Bayern Muenchen                   26  Juni 2013 4. Sami Hyypia                                   Bayer Leverkusen                   30  Juni 2013 5. Thomas Schneider                         VfB Stuttgar                             26  Agustus 2013 6. Bert van Marwijk                           Hamburger SV                        22  September 2013 7. Gertjan Verbeek                              FC Nuernberg                         22  Oktober 2013   Hat-tricks dalam pertandingan: Pemain                                    Pertandingan                                      Hasil                Tanggal 1. Marco Reus                     Dortmund vs Frankfurt                         3–0                  16 Februari 2013 2. Claudio Pizarro              Bayern Muenchen vs Hamburger       9–2                  30 Maret 2013 3. Klaas-Jan Huntelaar    Schalke vs Hamburger                           4–1                   28 April 2013 4. Branimir Hrgota          Moenchengladbach vs Mainz                 4–2                  11 Mei 2013   Gol terbanyak dalam pertandingan Bundesliga 2013: 1. SV Werder Bremen     0-7    FC Bayern Muenchen 2. Hertha BSC                  6-1    Eintracht Frankfurt 3. Borussia Dortmund   6-1     VfB Stuttgart Rekor tidak terkalahkan: Bayern Muenchen 16 pertandingan Rekor tanpa kemenangan: Nuernberg 17 pertandingan  
Arjen Robben Claudio Pizarro Klaas-Jan Huntelaar Thomas Schneider Pep Guardiola Franck Ribery Emre Can Adrian ramos Champions Stefan Kiessling Kevin-prince boateng Robert Lewandowski Thiago Alcantara Sami Hyypia Philip Lahm Mario goetze Schalke Mario mandzukic Heung Min Son Bundesliga Leverkusen Thomas mueller Pierre-Emerick Aubameyang Marco Reus Mandzukic Dortmund DFB Pokal Gonzalo Castro Juergen klopp Bayern Muenchen
Ditulis Oleh

BolaSkor

Admin Bolaskor.com.
Posts

11.185

Bagikan