Sukabumi, Tuan Rumah Gala Desa 2018 Penyumbang Atlet Berbakat Tanah Air

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 28 September 2018
Sukabumi, Tuan Rumah Gala Desa 2018 Penyumbang Atlet Berbakat Tanah Air
Kemeriahan Gala Desa 2018 di Sukabumi. (BolaSkor.com/Istimewa)

BolaSkor.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menunjuk Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu tuan rumah kegiatan Gala Desa 2018 yang digelar Jumat 28 September. Alasan Kemenpora memilih Sukabumi karena daerah tersebut merupakan penyumbang atlet terbanyak ketiga di Jawa Barat.

Beberapa atlet nasional memang berasal dari daerah yang terkenal dengan semboyan "Gemah Ripah Loh Jinawi" ini. Sebut saja Sri Ranti, atlet putri Tanah Air yang meraih medali emas SEA Games Kuala Lumpur 2017 lalu dari cabang olahraga panahan.

Lalu masih ada Monica Pransisca Sugiarto yang meraih perak cabang olahraga wushu di turnamen yang sama. Selain itu, atlet yang kian membanggakan Sukabumi adalah Ujang Hasbulloh yang belum lama ini meraih emas Asian Games 2018 dari cabor dayung putra.

"Respons masyarakat di sini mengikuti Gala Desa 2018 sangat luar biasa. Sukabumi merupakan peringkat ketiga terbanyak di Jawa Barat dalam segi kontribusi atlet, jadi cukup bagus memang menggelar kegiatan Gala Desa di sini," kata Asisten Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Alman Hudri.

Gala Desa 2018 di Sukabumi yang berpusat di Lapangan Gumbira, Kecamatan Nagrak, memang mengundang antusiasme tinggi masyarakat setempat. Mereka sudah memadati lapangan sejak pukul 06.00 WIB untuk mengikuti rangkaian acara yang diawal senam massal Popo-poco.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan mempertandingkan empat cabang olahraga yakni bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan atletik. Selain itu, turut dipertandingkan juga olahgara rekreasi dan tradisional seperti tarik tambang dan lainnya.

Kemeriahan Gala Desa 2018 di Sukabumi. (BolaSkor.com/Istimewa)

Melihat prestasi atlet Sukabumi dan antusiasme warganya, Alman mengatakan akan kembali memproyeksikan daerah tersebut menggelar Gala Desa tahun depan. Serta mendorong program unggulan Kemenpora lainnya untuk bisa diselenggarakan di Sukabumi.

"Kita akan coba terus proyeksikan ke daerah sini, dan mungkin ada kegiatan lain kita tarik ke sini untuk menggairahkan kembali. Supaya warga Sukabumi lebih giat berolahraga, dan khususnya untuk pembinaan yang secara terus-menerus sehingga menghasilkan atlet-atlet yang terbaik," Alman menambahkan.

Sementara, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mensyukuri para atlet dari daerahnya bisa memberikan prestasi bagi Tanah Air. Namun, prestasi tersebut tentunya harus terus dijaring dan dibina oleh dinas pemerintahan terkait untuk membuat Sukabumi konsisten menyumbangkan atlet bagi Indonesia.

Kegiatan Gala Desa 2018 ini pun bisa menjadi salah satu bentuk penjaringan dan pembinaan atlet di Sukabumi. Apalagi, pada kegiatan kali ini turut mempertandingan empat cabang olahraga prestasi yakni bulu tangkis, atletik, bola voli, dan tenis meja.

"Tentunya perlu penjaringan dan pembinaan melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sukabumi untuk mencari atlet dari masyarakat desa dan kelurahan di seluruh kabupaten Sukabumi. Karena hal tersebut merupakan salah satu program pemerintah dalam mengembangkan keolahragaan Nasional melalui gerakan Ayo Olahraga," tutur Marwan.

Breaking News Gala Desa 2018
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.146

Bagikan