Status Konsesi Honda Gagal Membuat Marc Marquez Bertahan

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 06 Januari 2024
Status Konsesi Honda Gagal Membuat Marc Marquez Bertahan
Marc Marquez (twitter)

BolaSkor.com – Marc Marquez akhirnya angkat bicara terkait pemberian status konsesi kepada Honda. Pembalap berjuluk The Baby Alien ini mengaku pemberian status tersebut tidak membuatnya tergoda untuk bertahan di tim lamanya.

Sebagaimana diketahui, Pada 2024 ini, Dorna Sports resmi menerapkan status konsesi baru. Dalam status baru ini tiap tim akan dibagi ke dalam empat grade berdasarkan perolehan poin yang didapat.

Karena selalu mendapatkan poin rendah, Honda akan masuk ke dalam grade paling rendah bersama Yamaha, yaitu grade D. Dalam grade tersebut kedua pabrikan asal Jepang itu akan diberikan keuntungan dalam hal tes dan pengembangan motor.

Hal ini dilakukan Dorna semata-mata untuk menolong Honda dan Yamaha. Mereka berharap melalui kebebasan ini, kedua tim tersebut dapat kembali kompetitif dalam perebutan gelar juara dunia.

Namun nyatanya fasilitas mewah nan menguntungkan ini tidak membuat Marquez bertahan. Peraih enam kali gelar juara dunia MotoGP ini justru tetap berpegangan terus pada pendiriannya, yakni pindah ke tim satelit Ducati.

“Tentu saja jika kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan mesin dan merubah parameter lebih banyak, kamu akan mendapatkan lebih banyak opsi untuk mencapai level tertinggi,” jelas Marquez.

“Jadi jelas ini tidak hanya menolong saya, tetapi juga semua proyek Honda dan Yamaha. Ketika saya memutuskan untuk pindah, saya yakin 90-95 persen Honda akan mendapat status konsesi pada musim 2024,” tambahnya.

Terkait hal ini, Marquez turut memberikan peringatan kepada Honda. Jangan sampai karena diberikan kemudahan, tim berlambang sayap mengepak ini justru kehilangan arah dalam mengembangkan motor mereka.

“Satu hal mendapatkan konsesi. Di sisi lain adalah bagaimana menemukan cara untuk menggunakan konsesi itu dengan cara yang benar. Ini tidak mudah,” tandas Marquez.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Marc marquez Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.214

Bagikan