Srikandi Bola Basket Tiba di Tanah Air, Gemerencing Medali Terdengar

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 17 Mei 2023
Srikandi Bola Basket Tiba di Tanah Air, Gemerencing Medali Terdengar
Timnas Basket Putri Indonesia (Merah Putih/Kanugrahan)

BolaSkor.com - Timnas bola basket putri Indonesia tiba di Tanah air usai membuat sejarah setelah meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja. Timnas putri Indonesia berhak atas medali emas setelah mengumpulkan 12 poin hasil dari enam kemenangan di SEA Games 2023 Kamboja. Adelaide Callista Wongsohardjo dan kolega ini juga membawa pulang medali perunggu dari Basket 3×3 puteri.

Saat tiba di Tanah air, para srikandi basket tanah air yang mengalungi medali emas ini terus menebarkan senyum. Mereka mendapat sambutan meriah dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC), KONI, Kementerian Pemuda Olah Raga dan Perbasi. Sorakan dan tepukan dari pengunjung Terminal 3 Bandara Soekarno- Hatta pun terus menggema.

Oleh perwakilan NOC, Tim basket puteri langsung dikalungi bunga dengan ucapan selamat dan rasa bangga. Wasekjen NOC Indonesia Wijaya Noeradi mengucapkan apresiasi atas perjuangan tim basket puteri.

"Ini jadi kebahagiaan karena pertama kali dapat emas pertama. Persiapkan untuk event berikutnya. Ada Asian Games lalu SEA Games 2025 Thailand. Basket ini jadi prioritas kami," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (17/5).

Baca Juga:

Medali Emas SEA Games 2023 Diharapkan Jadi Pelipur Lara Kegagalan Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kericuhan di Final Kontra Timnas Indonesia U-22, Federasi Thailand Menyesal dan Akan Jatuhkan Hukuman

Sementara itu, Waketum Perbasi Bidang Hukum dan Etika PB Perbasi George Fernando Dendeng menuturkan pihaknya mengapresiasi kerja keras dan banyak proses hingga mendapatkan emas.

"Kami ucapkan terima kasih dan selamat. Medali emas adalah awal membuka prestasi kedepannya," ungkap George.

George menyebut, evaluasi nantinya bakal dibahas setelah semua tahapan SEA Games selesai. "Mereka banyak try out dan ikut kompetisi. Ada pengaruh untuk kesuksesan kedepannya," ucap dia.

Soal liga basket puteri, George memastikan Perbasi siap untuk memfasilitasi dibantu dukungan dari klub yang ada sekarang.

"Puteri kan punya klub sendiri. Nah butuh komitmen dari mereka untuk serius juga karena ada standar dan regulasi yang mesti dipenuhi," ungkap George.

Sementara itu, pemain timnas basket puteri Dyah Lestari mengaku bangga bisa membawa pulang emas. Apalagi ia juga meraih perunggu di nomor 3x3.

"Tantangan istimewa sih. Main di 3x3 lalu istirahat sehari langsung 5 lawan 5," sebut Tari.

Tari yakin dengan kemenangan ini membuktikan bahwa basket puteri Indonesia kini layak diperhitungkan.

Timnas Basket Putri Indonesia (Merah Putih/Kanugrahan)

"Semoga next SEA Games kami bisa mempertahankan. Kalau dikasih kesempatan bermain di Asian Games ya kami siap," jelas Tari.

Ia hanya berharap, Basket putri Indonesia bisa punya kompetisi liga yang aktif. "Semoga kedepannya liga putri bisa bergulir rutin seperti basket pria,"harap dia.

Sekadar informasi, raihan emas didapat usai mereka meraih kemenangan 86-39 atas Singapura di Morodok Techo Indoor Sport Elephant Hall 2, Minggu (14/5).

Sebelum mengalahkan Singapura, Indonesia lebih dulu menumbangkan lima tim lainnya termasuk juara bertahan Filipina.

Timnas basket putri Indonesia mengawali perjuangan di SEA Games 2023 dengan meraih kemenangan 67-62 atas Vietnam, sebelum melibas Thailand 70-69.

Dewa Ayu Made Sriartha dkk kemudian berturut-turut mengalahkan Malaysia (85-57), Filipina (89-68), dan Kamboja (100-54).

Prestasi ini mengantarkan timnas basket putri Indonesia mengukir sejarah karena untuk pertama kalinya berhasil menggenggam medali emas.

Sebelumnya, pencapaian terbaik timnas basket putri Indonesia yaitu meraih medali perak pada SEA Games 1991, 2015, dan 2021.

Hasil ini kontras seperti yang didapat tim putra basket. Andakara Prastawa cs yang notabene juara bertahan gagal membawa pulang medali usai kalah dari Filipina di semifinal dan Thailand saat perebutan tempat ketiga. Hal yang sama juga didapat tim basket 3x3 putra.

Penulis: Joseph Kanugrahan/Merah Putih

Breaking News SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.675

Bagikan