Soal Rumor Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Menpora Dito: Tunggu Pak Erick Thohir

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 04 April 2023
Soal Rumor Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, Menpora Dito: Tunggu Pak Erick Thohir
Menpora Dito Ariotedjo. (Kemenpora)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, angkat bicara saat ditanyai mengenai rumor Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ia ingin semua pihak tak berspekulasi.

FIFA memutuskan untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tidak dijelaskan secara rinci alasan di balik keputusan itu.

Namun, Ketum PSSI Erick Thohir mengklaim FIFA mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia karena faktor intervensi dan keamanan.

Ini disinyalir adanya penolakan terhadap timnas Israel U-20. Berbagai kelompok mulai dari partai politik (parpol), organisasi masyarakat (ormas), sampai kepala daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kedatangan Israel yang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 sebagai runner-up Piala Eropa U-19 2022.

Dalam surat FIFA juga dijelaskan mengenai potensi sanksi yang akan diberikan untuk sepak bola Indonesia, khusunya PSSI.

Baca Juga:

FIFA Batalkan Piala Dunia U-17 di Peru, Digantikan oleh Indonesia?

Soal Kemungkinan Sanksi bagi Indonesia, Erick Thohir ke Eropa untuk Lobi FIFA

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, terbang ke Eropa untuk bertemu dengan petinggi FIFA, Senin (3/4) malam WIB. Ia membawa sejumlah agenda penting, salah satunya melobi FIFA terkait sanksi yang bakal diberikan Induk Sepak Bola Dunia tersebut terhadap Indonesia, pasca pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Saat bersamaan, FIFA juga membatalkan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Pasalnya, ketidaksanggupan Peru yang baru saja dilanda bencana gempa bumi.

Banyak yang berspekulasi Erick Thohir menemui FIFA juga ingin melobi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Di mana, timnas Israel yang menjadi polemik tidak lolos ke putaran final.

"Itu (rumor Piala Dunia U-17) nanti lebih baik tunggu hasil pertemuan Pak Erick (Thohir). Ini biar tidak melangkahi," kata Menpora Dito di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/3).

Berbeda dengan Piala Dunia U-20 2023, Piala Dunia U-17 2023 baru akan berlangsung pada 10 November 2023 sampai 2 Januari 2024. Masih ada waktu lama bagi tuan rumah pengganti untuk berbenah atau melakukan persiapan.

Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.110

Bagikan